FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Jumat, 11 Februari 2011

INFO : ALL ABOUT WON BIN


ASIANplus edisi 401 - 10 Aktor Korea Bersinar 2010

Namanya populer di Indonesia setelah bermain dalam drama populer Korea berjudul Endless Love bersama artis cantik Song Hye Kyo. Kini Won Bin lebih banyak aktif di film layar lebar dan jadi jaminan laris tiap film yang dibintanginya. Film terakhirnya, The Man from Nowhere kembali mendulang sukses di box office.

Cowok Pendiam dan Pemalu

Won Bin lahir pada 10 November 1977 dengan nama Kim Do Jin di dusun kecil daerah Jeongseon, provinsi Kangwon-do. Dia merupakan anak bungsu dari lima bersaudara, satu orang kakak laki-laki dan tiga orang kakak perempuan.
Dahulu, ayahnya merupakan seorang pekerja di perusahaan tambang, sementara sang ibu bekerja di pertanian. Saat ini kedua orang tuanya sudah pensiun. Tinggal di daerah pegunungan membuat Won Bin banyak menghabiskan masa kecilnya dengan bermain bersama teman-temannya di gunung dan sungai. Dia baru kembali ke rumah saat menjelang malam dengan muka yang gelap dan kotor.
Sejak kecil Won Bin dikenal oleh orang-orang di sekitarnya sebagai seorang yang pemalu, pendiam dan mawas diri. Hal itu terbawa hingga dia dewasa. Walaupun bukan orang yang banyak bicara atau terbuka, Won Bin memiliki bakat dalam bidang atletik di mana dia selalu menunjukkan hasil yang sangat baik dalam setiap olah raga atletik. Karena menyukai olah raga maka Won Bin memutuskan untuk mengikuti taekwondo. Saat ini dia berhasil menyandang sabuk hitam.
Ketika masih remaja, Won Bin bercita-cita menjadi seorang mekanik mobil karena tertarik dengan balapan mobil dan motor. Untuk mendukung cita-citanya, dia mengambil sekolah kejuruan SMA Mekanik. Di sana dia belajar cara membetulkan mobil dan ilmu mekanik lainnya.

Debut sebagai Aktor

Image Perkenalan Won Bin dengan dunia akting dimulai sekitar bulan November 1995, di mana salah satu perusahaan televisi kabel, Je-Il membuka lowongan untuk mencari aktor dan aktris baru. Won Bin yang merasa tertarik memutuskan untuk mendaftar dan tanpa disangka-sangka ternyata dia berhasil lulus. Saat itu dia masih seorang pelajar yang sedang duduk di bangku SMA semester terakhir. Setelah lulus, dia mulai mengambil kelas akting untuk meningkatkan kemampuannya. Bulan berikutnya, dia mendapat tawaran untuk bergabung di salah satu agensi dan memulai kariernya sebagai seorang aktor.
Won Bin pertama kali tampil di layar televisi pada 1996 dalam acara TV KBS Super Sunday, Our Story. Proyek pertama Won Bin sebagai seorang aktor adalah serial Propose, berperan sebagai pemeran pendukung. Proyek selanjutnya adalah serial Ready, Go! Di tahun 1998, drama ini membantu Won Bin mengasah kemampuan aktingnya menjadi lebih matang. Setelah serial ini, Won Bin memutuskan untuk istirahat dan mendaftar ke Paekche Institute of the Arts dan mengambil kelas akting.
Setelah selesai belajar akting, tahun 1999 Won Bin kembali ke layar kaca dan berhasil menunjukkan peningkatan dalam aktingnya lewat serial Ad Madness (Kwang kki). Melalui perannya di drama KBS2 ini, dia berhasil membawa pulang penghargaan pertamanya sebagai Aktor Pendatang Baru Terbaik di ajang KBS Acting Awards tahun 1999. Meski baru bermain di tiga serial, Won Bin berhasil mendapatkan popularitas dan memiliki basis fans yang cukup besar di Korea. Dia dinilai sebagai aktor muda yang berbakat dan menjadi idola bagi para remaja saat itu.

Melambung Lewat Endless Love

Image Tahun 2000, Won Bin berhasil menarik lebih banyak fans melalui perannya dalam serial akhir minggu
Tough Guy’s Love (Kkokji) dengan karakternya sebagai anak bungsu yang memberontak. Lewat karakter ini, dia kembali membuktikan jika dirinya memiliki bakat besar untuk menjadi seorang aktor. Tahun 2000 merupakan tahun penting bagi perjalanan karier Won Bin. Di tahun itu dia mendapat tawaran untuk bermain dalam serial KBS Endless Love (Autumn in My Heart), memerankan Han Tae Suk. Ini merupakan peran Won Bin yang paling diingat oleh sebagian besar fansnya di Korea dan Asia dengan ciri khas ucapannya “Eolmamyeon Doae? (Berapa banyak?)” yang banyak ditiru oleh fans.
Di serial bertajuk asli Gaeul Donghwa ini dia beradu akting dengan Song Hye Kyo dan Song Seung Hun. Setelah serial ini sukses meraih popularitas tidak hanya di Korea tetapi juga beberapa negara Asia, Won Bin menjadi aktor Korea yang populer di Korea dan Asia bersama dua bintang Endless Love lainnya, Song Hye Kyo dan Song Seung Hun.
Kesuksesan Won Bin dalam membawakan karakternya di Tough Guy’s Love dan Endless Love berhasil membuatnya membawa pulang penghargaan Aktor Pendatang Baru Terbaik di 37th Baeksang Arts Awards (2001) dan Excellence in Acting dari KBS Drama Acting Awards di tahun 2000.

Rambah Layar Lebar

Image Setelah cukup berpengalaman di drama, Won Bin memperluas kariernya dengan bermain di film layar lebar. Film debutnya adalah Guns and Talks di tahun 2001. Tahun berikutnya (2002), Won Bin mendapat kesempatan berharga untuk bermain dalam serial kolaborasi Jepang dan Korea, Friends. Lewat serial yang juga dibintangi oleh Kyoko Fukada ini, dia menjadi aktor Korea pertama yang mendapat popularitas tinggi di Jepang.
Setelah tiga tahun dari film pertamanya, Won Bin kembali berkesempatan untuk terlibat dalam film perang Taegukgi (The Brotherhood of War) di tahun 2004. Film ini merupakan salah satu film terpopuler di Korea yang hingga saat ini masih menduduki peringkat 1 dalam pendapatannya (kotor) di Korea Selatan. Hal itu tidak mengherankan, mengingat kesuksesannya di dalam dan luar negeri saat ditayangkan. Kesuksesan film ini semakin mengukuhkan popularitas Won Bin di mata dunia internasional. Selain itu, Taegukgi merupakan film terlaris di Korea Selatan di tahun 2005 dengan 11,75 juta penonton.

Dapat Dispensasi Wamil

Image Setelah mengalami masa-masa puncak kariernya sebagai aktor dan menyelesaikan kuliahnya di Universitas Yong In di tahun 2005, Won Bin memutuskan untuk memenuhi panggilan negara, dengan menjalani wajib militer dan meninggalkan karier aktingnya untuk sementara. Dia masuk ke kamp militer pada awal November 2005, tapi keluar dari kamp militer lebih cepat, yaitu sekitar awal bulan Juni 2006 karena cedera pada lututnya. Setelah keluar dari militer, Won Bin menjalani operasi dan menjalani proses rehabilitasi selama setahun lebih untuk menyembuhkan cederanya.
Setelah sembuh dari cedera, Won Bin tidak langsung kembali ke dunia hiburan. Dia lebih memilih untuk terlibat di berbagai kegiatan sosial. Salah satunya adalah penunjukan dirinya sebagai duta UNICEF pada 6 September 2007. Selama menjadi duta UNICEF, Won Bin telah berpartisipasi dalam berbagai acara sosial di Korea yang diadakan oleh UNICEF. Won Bin memilih film Mother sebagai proyek pertamanya setelah kembali dari wajib militer. Di film arahan Bong Joon Ho ini dia memerankan Do Jun, seorang pria muda dengan mental terbelakang dan menjadi terdakwa atas peristiwa pembunuhan. Film ini juga ditayangkan di Festival Film Cannes 2009 dan ketika ditayangkan di Korea mendudukieringkat 1 box office di Korea. Dulang Sukses dengan The Man from Nowhere
Setelah kesuksesan Mother, Won Bin memilih film berjudul Ajusshi (The Man from Nowhere) arahan Lee Jeong Beom sebagai proyek selanjutnya. “Ajusshi” dalam bahasa Korea merupakan panggilan kepada seorang pria yang telah berumur tiga puluhan. Dalam film ini, Won Bin memerankan seorang pria kesepian bernama Cha Tae Sik yang mengisolasi dirinya dari kehidupan masyarakat. Namun, suatu ketika dia bertemu dengan seorang gadis kecil bernama So Mi yang bersifat unik dan berhasil membuka hatinya. Saat So Mi diculik sekelompok gangster, Tae Sik memutuskan untuk tidak tinggal diam dan menyelamatkannya. Lewat karakter ini Won Bin kembali menunjukkan kekuatan aktingnya.
The Man from Nowhere dirilis di Korea pada awal Agustus lalu dan diprediksi meraih kesuksesan di pasaran. Pasalnya, dalam minggu pertamanya sejak film dirilis, The Man from Nowhere berhasil menyaingi film papan atas Hollywood, seperti Inception, Salt, Toy Story 3, dan menduduki peringkat pertama dengan 1 juta penonton. Selain di Korea, The Man from Nowhere juga dirilis di Amerika pada bulan Oktober dan mendapat respon yang bagus. Dalam acara 47th Grand Bell Awards yang dihelat 29 Oktober 2010, Won Bin berhasil membawa pulang dua penghargaan atas perannya di The Man from Nowhere untuk kategori Popularitas dan Aktor Terbaik.

Aktor Korea Terbaik selama Satu Dekade

Image Sementara itu, Won Bin juga baru saja dianugerahi gelar “Aktor Korea Terbaik selama Satu Dekade”. Gelar ini diberikan padanya karena Won Bi tercatat sebagai aktor Korea yang paling sering mencetak box office untuk filmfilmnya antara tahun 2001 – Oktober 2010. Sejak 2001, Won Bin telah membintangi lima film box office, yaitu Guns and Talks, Taegukgi, My Brother, Mother, dan The Man from Nowhere. Tiap filmnya itu rata-rata membukukan 4,86 juta penonton dengan perolehan US$ 34,3 juta (Rp 343 miliar).
Di belakang Won Bin ada nama Song Kang Ho dan Jang Dong Gun yang menduduki peringkat dua dan tiga sebagai Aktor Korea Terbaik selama Satu Dekade



CRE : ASIANGRUP
COP :KBPK

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar