FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Rabu, 23 Maret 2011

Budaya Unik Yang Di Bawa Korea

1. Upacara 100 hari bagi bayi



sebuah upacara dibuat bagi bayi yg udah berumur 100hari,katanya sh karena bayi udah melewati seratus hari pertama dan berkemungkinan besar terus bertahan hidup
kue beras yang disiapkan biasa'y dibagikan pada keluarga dan para jiran yang kadang memberi benang sebagai tanda panjang umur.
hadiah yang diberikan pada upacara hari ke100 berupa pakaian anak-anak,cincin emas dan perlengkapan bayi lain'y.kalo seseorang diundang ke pesta in, sudah jadi adat tuh..yang bersangkutan harus bawa hadiah.

2. Kunghap(adat istiadat dalam pernikahan)

kalo ortu merasa puas sama calon menantunya,maka ortu it(terutama dari pihak laki2)datang ke juru ramal untuk tanya, apakah kedua calon mempelai kelak jadi pasangan yang baik. Diliat dr tanggal lahir mereka. Adat ini masih umum dijumpai dalam masyarakat. Perjodohan remaja biasa'y diramal sesuai dgn tahun, bulan, hari, tanggal dan jam lahir mereka, guna mengetahui sejauh mana peluang mereka meraih bahagia, harta, dan keberhasilan hidup. Perhitungan in berlandaskan pada falsafah cina kuno yang disebut 'ohaeng'(5 unsur). ckckck kalo para dukun kerja di korea laku kali ya???

3. Chol(cara menghormat dengan membungkuk orang korea

cara membungkuk dalam memberi hormat orang korea digolongkan 3 bag:
a bungkukan ringan
biasa'y bungkukan in dipakai dalam pergaulan sehari-hari antara kaum pria, wanita dan anak2 dijalan, dirumah, atau disekolah
b bungkukan berat/dalam
bungkukan ini Jarang keliatan dikota2. Tapi untuk dipinggiran,mau laki2 atau perempuan masih memberi hormat dengan cara ini
c bungkukan tradisional(chol)
emang sih bungkukan yang satu in udah engga lazim lagi dilakukan orang memberi hormat. Tapi dalam suasana tertentu, mis, menyambut tahun baru, upacara peringatan leluhur, dan pernikahan tradisional, bungkukan inilah yang dipakai
mau tau caranya kayak gimana?
Pertama2 laki2 meletakkan telapak tangan'y hingga rata pada permukaan lantai. Pada waktu membungkukan badan'y, posisi tangan membentuk sebuah segitiga. Caranya, pertama2 ia menempelkan lutut kiri'y kepermukaan lantai kemudian menyusul lutut kanan'y.

4. Pulgogi(daging sapi berbumbu yang dipanggang pada bara)



hidangan ini masakan paling lezat di antara hidangan formal makan malam. Terdiri dari daging sapi yang diiris tipis dengan bumbu saus kacang(jadi inget sate ya, beda'y ga ditusuk) bawang merah,bawang putih, minyak wijen,dan gula. Menyuguhkan pulgogi, sebuah pot dari tanah berisi bara api ditaruh di tengah2 meja(eumm..kayak'y kalo di sunda nama'y hawu, cuma bda ukuran'y ja. Kan gila bener kalo hawu segede gitu disimpen dimeja kwakakakak)
kemudian, sebuah wajan bundar berlubang2 dari kuningan ditaruh diatas pot api itu sebagai tempat memanggang.

5.ondol(lantai rumah yang hangat)


lantai ini terbuat dari lempengam granit atau batu besi yang diletakan di atas pipa2 atau corong asap. Ya betul! Tujuan'y mengamankan ruangan dari asap dan agar permukaan lantai licin, batu2 granit itu di plester dengan tanah lempung atau semen(waduuh..serasa jadi tukang bangunan nih) sedangkan kertas yang diulasi dengan minyak kacang ditempelkan untuk menyempurnakan ondol.
Ondol ini dihangatkan dengan kayu bakar atau bongkahan arang. Ondol akan tetep panas selama beberapa jam setelah api padam. weh...mungkin kalo apinya sepanas ofen keluar-keluar kita jadi manusia panggang ckckck...

6. Cowo2'y








ini dia..., hueleh.... banyak banget pasti dari kalian yang naksir mereka2 ini..., g hanya perform mereka juga style mereka yang oke ngebuat para yeoja naksir.

7. K-pop
untuk yang satu ini jangan di tanya lagi :) emang dalam perindustrian musik Korea kualitas paling di cermati dalam pembuatannya..., g bisa sembarangan orang buat masuk ke industri hiburan satu ini..., makanya baik personil, maupun suara n' MV yang di garap secara apik itu membuat banyak orang menjadi penggemarnya.

8. Hobby OPLAS

ya,ya,ya..ini pun salah satu kegiatan yang engga aneh disana, bagi cowo ataupun cewe. Jangankan artis, anak2 biasa aja hobby abis. Mata, hidung dan rahang yang sering banget jadi bahan oplas. Sampe2 nih..kebanyakan anak-anak yang berhasil lulus sekolah, mereka cuma minta "oplas" Sebagai hadiah. kalo menurutku sih itu hak asasi mereka..., mereka yang punya uang kan? untuk tampil menarik apa salahnya?? toh mereka yang mau :}

9. cewe2nya



hu..huh! Emang betol banget, selain kulit'y yang sama2 mulus dan bersinar. Para cewe korea juga punya kelebihan dari kaki'y yang sexy, kecil dan terliat sempurna(tapi engga melebihi kesempurnaan yang dimiliki pencipta kita ya)

10. Style'y
engga salah nih untuk pernyataan yang satu in..gaya'y anak2 korea segala dipake tapi matching bener..mau pake baju secara doble malahan triple ditambah sal gede,bando,anting, jepit ataupun iket rambut yang dipake bersamaan, tetep aja terlihat pas dan cocok. malahhan jadi tendseter :)

summber+Cre artikel: annieagassi.blogspot.com
edit: Wartawan YunaKBPK
Via: kbpkoreafamily.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar