FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Rabu, 20 Juli 2011

Sinseollo(신선로)

Bahan Utama :
Kaldu : 200g daging sapi(brisket), 100g lobak, 30g daun bawang, 5 siung bawang putih,
Bakso : 50g daging sapi giling (bagian pantat), 20g tahu,
Bakwan ikan : 50g irisan ikan putih (pollak), (1sdt garam, 1/8 sdt lada),
Bakwan peterseli : 20g peterseli,
5g jamur kuping, 7 butir telur, 40g wortel, 2 sdm tepung terigu, minyak goreng
Hiasan masakan : 3 buah kenari, 5 buah ginkgo, 20g biji pinus

Bumbu :
Bumbu untuk daging sapi rebus : 1 sdm kecap asin untuk sup, 1 sdt bawang putih cincang halus, 1 sdt arak masak, 1 sdt gula pasir, 2 sdt minyak wijen, 1/4 sdt lada
Bumbu untuk bakso : 1 sdt kecap asin, 1/2 sdt bawang putih cincang halus, 1 sdt minyak wijen, 1/8 sdt lada
Bumbu kaldu : 1 sdm kecap asin untuk sup, 1 sdt garam, 1/2 sdt bawang putih cincang halus
Nama asli Sinseollo adalah Yeolgujatang dan bermakna sup yang sesuai dengan selera. Masakan ini diperkenalkan dari dinasti Qing, Cina pada masa dinasti Joseon Korea dan dikembangkan sesuai dengan budaya makan Joseon. Masakan ini menjadi hidangan jamuan pesta yang terbagus dengan dilengkapi berbagai jenis bahan makanan. Dengan demikian, Sinseollo ini dapat dikatakan mewakili masakan Korea yang bergizi tinggi, rasanya enak, dan berpenampilan indah.

Rebus daging sapi dengan 1liter air setelah direndam selama 5 menit. Sesudah busa muncul, keluarkan daging lalu dibilas 2 kali dengan air dingin.

Rebus lagi daging sapi dalam 1,5 liter air bersama dengan lobak, daun bawang dan bawang putih. Rebus dengan api besar selama 20 menit lalu keluarkan lobak, daun bawang dan bawang putih. Daging direbus terus dengan api sedang selama 30 menit, lalu pakai api kecil dan masak selama 10 menit.

Kuah didinginkan dan disaring pakai kain kasa dan dibumbui. Potong daging sapi menjadi 5 lembar dengan ukuran 2x3cm dan tebalnya 0.5cm. Sisa daging dipotong dengan ukuran sedang. Lobak matang dipotong 3x3cm dan tebalnya 1cm.

Daging giling dihilangkan darahnya, lalu dihaluskan lagi. Hancurkan tahu dengan halus. Campurkan daging dan tahu bersama dengan bumbu dengan mengaduk-aduk. Jadikan bentuk bulat berdiameter 1,5 cm seperti bakso.

Bakso daging dilapiskan tepung terigu dan dicelupi dalam kecokan telur. Goreng dengan api sedang.

Iris ikan dengan ukuran 2x5cm dan tebalnya 0,5cm, lalu dibumbui dengan garam dan lada. Diamkan selama 10 menit. Lapiskan tepung terigu dan dicelupi dalam kecokan telur. Goreng dengan membalik-balik pakai api sedang.

Batang peterseli disatekan dengan menusuk bagian 1cm dari atas batangnya. Jadikan lebarnya 3cm. Tusuk lagi bagian tengah batang seperti tadi. Dengan demikian, lapiskan tepung terigu dan dicelupi kecokan putih telur. Goreng dengan membalik-balik pakai api kecil. Potong dengan ukuran 2x5cm.

Bersihkan jamur kuping setelah direndam dalam air hangat. Potong halus dan campurkan dengan kecokan putih telur. Dimasak telur dadar dengan tebal 0,5cm. Potong telur dadar putih, kuning, dan yang dicampur jamur dengan ukuran 2x5cm.

Potong wortel dengan ukuran 2x5cm dan tebalnya 0.5 cm.

Olah hiasan masakan : Kupas kulit dalam buah kenari setelah direbus. Tumis buah gingko dengan sedikit garam secara sepintas, lalu kupas kulitnya. Lap biji pinus dengan tisu kertas.

Wadah Sinseollo dialaskan dengan lobak dan daging sapi yang direbus.

Taruh 5 potong daging sapi, bakwan ikan, bakwan peterseli, telur dadar dan wortel masing-masing dengan memutar. Tempatkan bakso daging, buah gingko, buah kebari dan biji pinus di sekitar lubang di tengah wadah. Tuangkan kaldu dan rebus.

TIPS
☑ Hilangkan kotoran daging dengan merebus.
☑ Lobak, daun bawang, dan bawang putih direbus 20 menit supaya tidak jadi lembek.
☑ Daging giling dihaluskan lagi dengan pisau supaya tidak menggumpal.
☑ Aduk-aduk adonan daging dan tahu dengan baik supaya tidak pecah-pecah.
☑ Samakan ukuran semua bahan sesuai dengan besarnya wadah Sinseollo.(lebar 2cm, panjang 5cm, tebal 0,5cm)
☑ Tempatkan arang di bagian bawah Sinseollo agar hidangan tetap hangat.

cre:world.kbs.co.kr
cop:YunaKBPKfamily


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar