FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Rabu, 23 Maret 2011





BoA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
BoA

BoA
Latar belakang
Dilahirkan dengan nama 권보아 (Kwon, Boa)
Asal Bendera Korea Selatan Guri, Gyeonggi-do, Korea Selatan
Genre J-pop, K-pop, Pop
Pekerjaan Penyanyi
Instrumen Vokal, piano
Tahun aktif 2000 - sekarang
Label SM Entertainment
Avex Trax
Situs web Situs resmi BoA (bahasa Korea)
Situs resmi BoA (bahasa Jepang)
BoA
Hangul 권보아
Hanja 權寶兒
Alihaksara yang Disempurnakan Gwon Boa
McCune–Reischauer Kwŏn Poa

BoA (권보아 Kwon, Boa; lahir di Gyeonggi, Korea Selatan, 5 November 1986; umur 24 tahun) adalah penyanyi pop Korea Selatan. Album dan singel BoA dirilis dalam bahasa Korea dan Jepang. Selain fasih dalam kedua bahasa tersebut, BoA lancar berbahasa Inggris dan sedang mempelajari bahasa Mandarin.[1] BoA pernah berkolaborasi dengan artis-artis seperti Mondo Grosso, Westlife, Palm Drive, m-flo, Soul'd Out, dan Howie Dorough dari Backstreet Boys.

BoA pernah datang ke Indonesia dan tampil dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI) Samsung Award 2004.[2] Album BoA diproduksi dan dirilis di Indonesia oleh Indo Semar Sakti.[3]

Pada 14 Oktober 2008, dibawah label SM Entertainment USA, subdivisi dari SM Entertainment, BoA tampil di Amerika Serikat dengan singel "Eat You Up" dan merilis album bahasa Inggris pertamanya, BoA pada tanggal 17 Maret 2009.

Album kompilasi Best of Soul menjadikan BoA sebagai penyanyi Asia non-Jepang pertama yang albumnya laku lebih dari satu juta keping di Jepang.[4] Semua album yang dirilis di Jepang (5 album studio dan 1 album kompilasi) berhasil menempati urutan nomor satu tangga album Oricon.[5]

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Perjalanan karier

[sunting] Masa remaja

BoA sudah senang menyanyi dan menari sejak di taman kanak-kanak. Pada bulan Juni 1998, BoA diajak pergi menemani kakak laki-lakinya yang seorang street dancer ke audisi calon penyanyi yang diadakan SM Entertainment. BoA sedang berada di pojok ruangan melihat-lihat saja ketika direktur produksi melihatnya. Boa dimintanya untuk menari, dan direktur produksi menemukan bakat terpendam BoA yang masih kelas 5 SD.[1] Sewaktu di sekolah menengah pertama, BoA sangat sibuk berlatih menjadi artis profesional. BoA diberi les pelajaran bahasa Jepang karena SM Entertainment ingin BoA melakukan debut di Jepang. Sewaktu masih berusia 13 tahun, BoA menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Jepang. Libur musim panas selama sebulan dipakainya untuk homestay di Tokyo untuk belajar bahasa Jepang di rumah seorang penyiar NHK.[1]

[sunting] Singel perdana hingga Listen to My Heart

Sampul singel perdana "ID; Peace B"

Debut BoA sebagai artis rekaman dimulai ketika berusia 14 tahun. Album perdana ID; Peace B yang dirilis 25 Agustus 2000 laku hampir 375 ribu keping, dan masuk di peringkat Top 10 tangga lagu Korea Selatan. BoA memenangi penghargaan Artis Wanita Pendatang Baru Terbaik dalam Mnet KM Music Festival tahun 2000.[6] Bulan berikutnya, BoA sudah memiliki klub penggemar bernama Jumping BoA.[7] Sementara itu, label rekaman yang menanganinya di Korea Selatan (SM Entertainment) bekerja sama dengan Avex Trax untuk meluncurkan karier BoA di Jepang.

Di Jepang, pertunjukan pertama BoA pertama berlangsung 7 Maret 2001 di Velfarre Hall.[6] BoA membawakan tiga buah lagu dalam tiga bahasa, "ID; Peace B" (bahasa Jepang), "SARA" (bahasa Korea), dan "Don't start now" (bahasa Inggris). Selanjutnya, album mini pertama Jumping into the World dirilis di Korea, 5 Mei 2001.

Setelah menandatangani kontrak dengan avex, BoA memulai debutnya di Jepang. Pada 30 Mei 2001, versi bahasa Jepang untuk singel "ID; Peace B" dirilis di Jepang, dan sampai di urutan ke-17 tangga singel Oricon.[7]Sejak itu pula BoA mulai sering bolak-balik Korea-Jepang. Singel pertama diikuti singel kedua dan ketiga hingga akhir tahun 2001, "Amazing Kiss" (posisi 16) dan "Kimochi wa tsutawaru" (posisi 11). Singel "the meaning of peace" merupakan hasil duet dengan Kumi Koda untuk mengenang korban Serangan 11 September 2001. Di tangga singel Oricon, "the meaning of peace" sampai di anak tangga ke-7.[7]

Pada 17 Januari 2002, BoA merilis singel ke-4, "Listen to My Heart" yang mencuatkan nama BoA di Jepang. Setelah dirilis, singel ini langsung duduk di posisi ke-5[5], dan naik ke posisi ke-3. Dua bulan kemudian (13 Maret 2002), BoA merilis album perdana di Jepang, Listen To My Heart, dan sukses di urutan nomor satu tangga album Oricon.[5] Album tersebut bahkan bertahan di tangga album selama 91 minggu, dan laku lebih dari 1 juta keping di Jepang.[8] Bersamaan dengan dirilisnya album Listen To My Heart, BoA juga merilis singel ke-5 "Every Heart -minna no kimochi-". Singel tersebut dijadikan lagu penutup serial anime Inuyasha, dan sempat berada di urutan ke-10 Oricon.

Bulan berikutnya (13 April 2002), BoA merilis album No.1 yang merupakan album studio kedua di Korea. Hingga kini, No.1 masih merupakan album berbahasa Korea tersukses bagi BoA, dan terjual lebih dari 650 ribu keping. Namun di Jepang, album No.1 terhenti di peringkat 15 Oricon. Dari akhir bulan Juli 2002, BoA mengikuti konser musim panas a-nation bersama artis avex lainnya.[9]

Sebelum merilis album berbahasa Jepang yang kedua, BoA terus merilis singel baru termasuk versi bahasa Jepang "Don't start now" (29 Mei 2002) dan "Valenti" (28 Agustus 2002). Lagu "Don't Start Now" sebelumnya ada dalam album Jumping into the World yang diedarkan di Korea. Singel "Don't Start Now" sampai di urutan ke-17, sedangkan "Valenti" di urutan ke-2 tangga Oricon dan laku lebih dari 200 ribu keping. Kesuksesan "Valenti" diikuti dua singel lainnya, "Kiseki / No.1", dan "Jewel Song / Beside You -boku wo yobu koe-" yang keduanya sampai di urutan ke-3 Oricon.

BoA berduet dengan Westlife dalam lagu "Flying Without Wings" untuk album remix BoA Next World. Mini album kedua, Miracle dirilis di Korea (September 2002), dan laku sekitar 327 ribu keping. Dalam Festival Video Musik Mnet yang diadakan 29 November 2002, BoA memenangi penghargaan Video Musik Terpopuler dan Video Musik Terbaik kategori Musik Tari[6]. Selain itu, dua buah penghargaan diraih BoA dalam Penghargaan Musik Korea 2002 yang diadakan KMTV. Penghargaan Piringan Emas juga didapat BoA dari Japan Record Award, 13 Desember 2002. Lagu "Valenti" dibawakan BoA ketika tampil untuk pertama kalinya dalam Kōhaku Uta Gassen, 31 Desember 2002.

[sunting] Album Valenti hingga Atlantis Princess

Album Valenti dirilis 29 Januari 2003 sebagai album studio kedua. Album ini sampai di urutan pertama tangga album Oricon, dan laku 1.249.000 keping.[4] Di puncak tangga album, Valenti bertahan selama dua minggu berturut-turut. Hingga kini, album Valenti terus bertahan sebagai album terlaris BoA.

BoA untuk pertama kalinya mengadakan konser di Jepang dari 27 Maret hingga 6 April 2003. Sejumlah 6 pertunjukan dilangsungkan di Osaka, Nagoya, dan Tokyo.[6] Di Jepang, klub penggemar BoA yang bernama SOUL diresmikan 1 April 2003. Bulan berikutnya, BoA merilis album Atlantis Princess di Korea Selatan. Album tersebut menjadi album berbahasa Korea yang ketiga dari BoA, dan laku sekitar 344 ribu keping di Korea Selatan.

Di Jepang, BoA terus mengeluarkan singel-singel baru, "Shine We Are! / Earthsong" (urutan 2 Oricon), "Double (Double/Midnight Parade/Milky Way~Kimi no Uta~)" (urutan 2), dan "Rock With You" (urutan 5). Sepanjang musim panas tahun 2003, BoA kembali mengikuti konser keliling a-nation bersama artis dari avex. Sementara itu, mini album ketiga di Korea, Shine We Are! laku sebanyak 80 ribu keping. Dalam acara malam tahun baru NHK tahun 2003, BoA tampil untuk kedua kalinya menyanyikan lagu "Double". Penampilan tersebut menjadikan BoA sebagai artis asing pertama yang tampil sebagai artis pembuka Kōhaku Uta Gassen.

[sunting] Dari My Name hingga Love & Honesty

Album ke-3 di Jepang, Love and Honesty dirilis 15 Januari 2004. Selama dua minggu berturut-turut, album tersebut bertahan di urutan pertama Oricon dengan total penjualan 654 ribu keping di Jepang.[10]

Tahun 2004, BoA pertama kali melakukan konser solo di gedung berkapasitas besar. Konser Live Tour 2004 ~Love & Honesty~ dimulai akhir Maret 2004, dan berlangsung 9 kali pertunjukan di 5 kota besar (Saitama Super Arena, Nagoya Rainbow Hall, Marine Messe Fukuoka, Osaka-jo Hall, dan Yokohama Arena). Selanjutnya, BoA merilis dua buah singel, "Quincy / Kono Yo no Shirushi" (posisi 4 Oricon), dan "Merry-Chri" (Meri Kuri) (posisi 5 Oricon).

Di Korea, BoA merilis album My Name yang laku lebih dari 365 ribu keping. Video musik "My Name" menjadikan BoA sebagai penerima Hadiah Utama (Daesang) dari MKMF Awards tahun 2004. Pada 8 September 2004, BoA memberi sumbangan sebesar 50 juta won untuk Asosiasi Peringatan An Jung-geun.[11][12] Akhir tahun 2004, BoA menyanyikan "Quincy" di acara malam tahun baru NHK.

[sunting] Nomor satu di Oricon hingga Girls on Top

Album kompilasi Best of Soul (dan Best of Soul -Perfect Edition-) dirilis 2 Februari 2005. Isinya 16 singel berbahasa Jepang, termasuk bonus "La La La Love Song" (duet dengan Soul'd Out). Album tersebut sampai di urutan nomor satu Oricon, dan laku 1 juta 3 ribu keping setelah beredar selama 16 minggu.[4] Konser "Best of Soul" dilangsungkan 8 kali di 4 kota besar di Jepang.[6] Hasilnya dikemas dalam album konser BoA Arena Tour 2005 -Best of Soul- yang termasuk salah satu album terlaris tahun 2005 di Jepang.

Singel ke-16, "Do the Motion" adalah singel pertama BoA yang berhasil di urutan nomor satu tangga singel Oricon.[13] BoA menjadi artis Asia non-Jepang ke-4 yang pernah memiliki singel di puncak tangga Oricon setelah Ouyang Feifei, Agnes Chan, dan Judy Ongg. Terakhir kali artis Asia non-Jepang yang menempatkan singelnya di urutan nomor satu adalah Ouyang Feifei ("Love is Over", 26 Desember 1983).[14]

Album Korea ke-5, Girls on Top yang dirilis 23 Juni 2005 laku sekitar 295 ribu keping, dan sampai di puncak tangga album Korea Selatan dan Taiwan. Penghargaan Artis Wanita Terbaik juga diterimanya dari Festival Video Musik Mnet.[6] Sebagai penutup tahun 2005, BoA merilis singel Merry Christmas from BoA, dan tampil membawakan lagu "Dakishimeru" di acara malam tahun baru NHK.

[sunting] Album Outgrow hingga Winter Love

Singel Everlasting dirilis 18 Januari 2006 sebagai singel ke-4 di Korea dan singel ke-18 di Jepang.[15] Sesudah itu, album Outgrow menjadi album ke-4 BoA di Jepang, 15 Februari 2006. Album ini laku 222 ribu keping[16] dengan edisi terbatas berisi video musik BoA dalam bentuk CD+DVD. Album Outgrow langsung menempati puncak tangga album Oricon di minggu pertama setelah dirilis.[17] Konser promosi album Outgrow bernama BoA Outgrow Special Live 2006. Sekitar 1500 penonton menghadiri konser di Shibuya-AX, 6 Maret 2006.[18]

Singel ke-19, "Nanairo no Ashita ~brand new beat~ / Your Color" dirilis 5 April 2006, dan sampai di peringkat pertama Oricon.[15] Permainan video Ninety-Nine Nights versi Jepang untuk Xbox 360 memakai "Your Color" sebagai lagu penutup.[13] Selanjutnya dalam konser ap bank fes'06, 15 Juli 2006, BoA tampil bersama Kazutoshi Sakurai membawakan lagu "cosmic eyes".

Singel ke-20, "Key of Heart / Dotch" dirilis 9 Agustus 2006.[19] BoA juga mengeluarkan versi bahasa Inggris "Key of Heart" yang hanya tersedia dalam singel edisi pertama. Versi bahasa Korea Key of Heart dirilis 21 September 2006, dan dipakai untuk lagu iklan Olympus Korea yang dibintangi BoA. Lagu "Key of Heart" juga dipakai sebagai lagu penutup film Over the Hedge versi Jepang. BoA juga berperan sebagai pengisi suara untuk karakter Heather, dan hadir sebagai bintang tamu dalam pemutaran perdana Over the Hedge di Jepang.

Peringatan 5 tahun BoA berkarier di Jepang diperingati dengan konser keliling Jepang, "BoA The Live" yang dimulai 29 September 2006. Sejumlah 12 kali pertunjukan dilangsungkan di 6 kota.[6] Singel "Winter Love" dirilis 1 November 2006, dan hari itu juga sudah berada di posisi kedua Oricon. Pada minggu berikutnya, "Winter Love" naik menjadi singel nomor satu. Ulang tahun ke-20 BoA diperingati sekitar 2.700 penonton yang datang ke konser "BoA The Live 20th Birthday", 5 November 2006.[20]

Konser Natal pertama dari BoA berlangsung 7 Desember 2006 di Zepp Tokyo. Di antara lagu-lagu yang dibawakan adalah "Winter Love", "Last Christmas" and "Merry-Chri".[21] Dalam acara Kōhaku Uta Gassen 31 Desember 2006, BoA menyanyikan lagu "Nanairo no Ashita ~Brand New Beat~", dan menjadi penampilannya yang kelima kali sejak tahun 2002.

[sunting] Album Made in Twenty (20) hingga debut di Amerika Serikat

BoA di acara tanda tangan pada Agustus 2010.

Album Made in Twenty (20) adalah album ke-5 di Jepang yang dirilis 17 Januari 2007. Seperti album-album BoA sebelumnya, Made in Twenty (20) juga sukses di urutan pertama tangga album Oricon.[22] Konser keliling "2007 Made In Twenty (20)" terdiri dari 7 kali pertunjukan di 4 kota besar di Jepang,[6] dimulai 31 Maret 2007 di Yokohama Arena, dan diteruskan di Marine Messe Fukuoka, Osaka-jo Hall, dan Nagoya Rainbow Hall.

Singel ke-22 di Jepang, "Sweet Impact" dirilis 25 April 2007, dan langsung berada di urutan ke-5 Oricon pada hari yang sama. Singel berikutnya, "Love Letter" dirilis 19 September 2007, dan sampai di urutan ke-3 tangga Oricon. Singel "Love Letter" tersedia dalam dua edisi, edisi CD (tipe jaket B) dan edisi CD plus DVD (tipe jaket A) yang berisi klip video "Love Letter".[23] Singel ke-23 di Jepang, "Love Letter" dirilis 26 September 2007. Ketika singel keluar, singel ini masuk ke peringkat 3 dalam tangga lagu harian Oricon.

Pada akhir tahun, BoA juga menandatangani kontrak dengan Samsung (via Anycall) untuk konsep "AnyBand" dan merilis singel pertama mereka, AnyBand. Singel tersebut menampilkan dua lagu, yaitu "Talk Play Love" dan "Promise You". Di dalam AnyBand juga terdapat Xiah Junsu (dari grup musik DBSK), Tablo (dari Epik High), dan pianis Jazz Jin Bora.

BoA menjadi bintang tamu untuk album Round About dari SEAMO. Lagu "Hey Boy, Hey Girl" dibawakannya berduet dengan SEAMO. Sehari seusai konser BoA the Live "X-Mas" Special, BoA merilis singel ke-24 "Lose Your Mind" (12 Desember 2007)[24] yang menampilkan Yutaka Furukawa dari grup rock Doping Panda.

Konser "Made In BoA 2007" dilangsungkan 24 Februari 2007 di Pusat Konvensi Internasional Cheju dalam acara "Korean Expo in Asia". Di atas panggung, BoA menyanyikan "Winter Love" dalam bahasa Jepang, dan 7 lagu dalam bahasa Korea, "Girls On Top", "My Name", "Merry-Chri", "People Say", "No.1", "Valenti", dan "Everlasting".[25]

Acara NHK Kōhaku Uta Gassen tahun 2007 merupakan penampilan BoA yang keenam kali dan tanpa terputus sejak tahun 2002. Pada malam 31 Desember 2007, BoA menyanyikan "Winter Ballad Special" yang terdiri dari "Love Letter" dan "Merry-Chri".

BoA merilis singel ke-25, "Vivid" pada 4 Juni 2008. Singel ini masuk kedalam urutan tiga dalam tangga peringkat singel harian Oricon. Lagu kedua dari singel ini, "Sparkling", telah diremix.

Weezer, grup musik rock terkenal Amerika, merilis album The Red Album versi Jepang, dan menjadikan lagu Meri Kuri BoA sebagai lagu bonus. "Meri Kuri" direkomendasikan kepada Weezer oleh Kyoko Ito, istri vokalis grup musik Weezer Rivers Cuomo. Cuomo berkomentar bahwa ia biasanya tidak menyukai lagu yang direkomendasikan orang lain kepadanya, tetapi ia segera suka dengan Meri Kuri.[26]

BoA dan 9 artis lainnya dari seluruh dunia dijadwalkan membuat kembali lagu Wei Wei "Dedication of Love" dalam bahasa Inggris. Lagu ini diproduksi oleh Roald Hoffmann dan Brian Alan, yang direncanakan menggalang dana dengan singel ini untuk membantu korban Gempa bumi Sichuan 2008. Artis yang ikut serta selain BoA adalah Ruth Sahanaya dari Indonesia, Wei Wei dari Republik Rakyat Cina, Phoebe dari Yunani, Rusiana Gaitana dari Ukraina, Sonu dari India dan tiga lainnya dari Perancis, Brasil dan Oman.

Pada 2 September 2008, SM Entertainment mengumumkan bahwa BoA akan muncul pertama kali di Amerika Serikat dibawah label baru, SM Entertainment USA.[27] Konferensi pers diadakan pada tanggal 10 September 2008 di Seoul Imperial Palace Hotel untuk mengklarifikasi debut BoA di Amerika Serikat.[27][28] Singel debut BoA di AS "Eat You Up" dirilis online pada tanggal 21 Oktober 2008; singel ini mencapai posisi puncak pada tangga lagu online di Amerika Serikat.[29] Singel ini akan dirilis di toko-toko pada tanggal 11 November 2008,[30] tetapi SM merilis CD promosi yang terdapat remix dance "Eat You Up". "Eat You Up" mencapai posisi puncak pada tangga lagu Hot Dance Club Play.[31] Remix "Eat You Up" yang menampilkan rapper Flo Rida dirilis pada akhir November dan muncul di Internet pada bulan Desember.[32][33] BoA menampilkan "Eat You Up" dan juga lagu lainnya di konser di Tokyo, dan menampilkannya di New York City pada 3 Desember 2008.[34][35] Ia juga menampilkan lagu "Look Who's Talking".[36]

BoA merilis singel "Eien/Universe/Believe in Love" pada 18 Februari 2009. Pada hari yang sama, singel Ravex yang berjudul "Believe in Love" dirilis, menampilkan vokal dari BoA. Album kompilasi keduanya Best & USA dirilis pada 18 Maret. BoA juga tampil pada San Francisco Pride Festival pada 28 Juni 2009 bersama Solange Knowles dan The Cliks.[37]

Pada 31 Agustus, SM USA merilis album BoA Deluxe. Album ini terdiri dari dua lagu baru dan gubahan dari lagu "Energetic".[38] Setelah dirilisnya BoA Deluxe, BoA kembali ke pasar Jepang dan merilis singel baru yang berjudul "Bump Bump!" (Oktober 2009).[39] Ia juga telah merilis singel "Mamoritai: White Wishes". BoA merilis album Jepangnya yang ketujuh, Identity, pada 10 Februari 2010.

[sunting] Perayaan sepuluh tahun debut Korea BoA hingga sekarang

Pada 1 Maret 2010, SM Entertainment mengumumkan bahwa BoA akan tampil kembali di Korea Selatan untuk merayakan ulang tahun debut BoA yang ke-10 pada 25 Agustus 2010, dan akan merilis album studio Korea.[40]

BoA kembali merilis singel yang bertajuk "Woo Weekend" pada 21 Juli 2010. Lagu utama pada singel tersebut digunakan untuk mempromosikan perayaan Disney on Ice ke-25 di Jepang.[41] Pada tanggal 5 Agustus 2010, ia merilis album Korea keenam yang berjudul Hurricane Venus.

[sunting] Karier akting

BoA muncul pertama kali dalam industri film sebagai pengisi suara untuk Heather si posum dalam Over the Hedge versi Jepang/Korea, yang dirilis pada tanggal 31 Mei 2006 di Korea.

Pada tahun 2005, BoA ditawarkan menjadi pemeran utama drama Goong. Peran ini nantinya diberikan kepada bekas anggota Baby V.O.X, Yoon Eun Hye karena jadwal BoA yang sibuk.[42]

[sunting] Prestasi internasional

  • April 2003: BoA tampil dalam Festival Musik Korea di Los Angeles untuk memperingati 100 tahun imigran Korea di Amerika Serikat.[43]
  • Mei 2003: BoA tampil dalam acara televisi PBS Korea:Hub of Asia.[7]
  • 7 Juni 2003: BoA diundang ke jamuan makan malam bersama Presiden Roh Moo-hyun dan PM Jepang Junichirō Koizumi.[1]
  • 14 Februari 2004: BoA, 18 tahun, menerima penghargaan "Artis Asia Paling Berpengaruh" sekaligus "Artis Korea Terpopuler" dari MTV Asia Awards di Singapura.[5]
  • Mei 2007: BoA membawakan lagu "MOTO", "Girls on top", "No.1", dan "Valenti" dalam Festival Musik Korea ke-5 di Hollywood Bowl.[9]

[sunting] Diskografi

dan video BoA

[sunting] Album berbahasa Korea

  1. ID; Peace B (2000)
  2. Don't Start Now - Jumping Into The World- (2001, sebagai album mini Don't Start Now di Korea)
  3. No. 1 (2002)
  4. Miracle (2002)
  5. Atlantis Princess (2003)
  6. Shine We Are (2003)
  7. My Name (2004)
  8. Girls On Top (2005)
  9. Hurricane Venus (2010)

[sunting] Album berbahasa Inggris

[sunting] Album berbahasa Jepang

  1. Listen To My Heart (2002)
  2. Valenti (2003)
  3. Love & Honesty (2004)
  4. Outgrow (2006)
  5. Made in Twenty (20) (2007)
  6. The Face (2008)

[sunting] Album kompilasi berbahasa Jepang

[sunting] Album remix berbahasa Jepang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar