FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Senin, 22 Agustus 2011

[TENTANG] SECRET GARDEN - JIWA TERTUKAR DI TAMAN RAHASIA

Image
Secret Garden adalah salah satu serial Korea terpopuler yang diputar di Korea bulan November 2010 hingga Januari lalu. Dibintangi oleh Hyun Bin, Ha Ji Won, Yoon Sang Hyun, Kim Sa Rang dan Lee Philip, serial drama ini begitu disukai penonton meski mengangkat tema cerita fantasi. Popularitas serial ini otomatis turut melambungkan popularitas para pemainnya.

Cerita Fantasi

Secret Garden adalah drama fantasi romantis yang menceritakan kisah Kim Joo Won (Hyun Bin), seorang pria yang belum terlihat sempurna dengan kearoganan dan sifat kekanak-kanakannya, serta Gil Ra Im (Ha Ji Won), stuntwoman yang memiliki kecan-tikan dan tubuh yang menjadi objek kecemburuan para artis top. Suatu hari Joo Won dimintai tolong oleh Oska (Yoon Sang Hyun) untuk menjemput salah satu aktris, yaitu Park Chae Rin (Baek Seung Hee) di lokasi syuting. Karena ketidaktahuannya, Joo Won akhirnya membawa Ra Im, yang menjadi peran pengganti Chae Rin. Di sanalah awal pertemuan Joo Won dan Ra Im. Sejak saat itu Joo Won mulai memiliki perasaan pada Ra Im. Dengan melihat latar belakang dan de-rajat ekonominya, Ra Im bukanlah tipe wanita yang disukai Joo Won, tapi entah mengapa dia justru selalu memikirkan Ra Im.
Kemudian Joo Won datang ke sekolah untuk bertemu Ra Im, tetapi dia tidak mempedulikan Joo Won, karena Ra Im pun sadar dirinya tidak sejajar dengan Joo Won.Yoon Seul (Kim Sa Rang) adalah mantan kekasih Oska yang ternyata menyukai sepupu Oska, yaitu Joo Won. Tapi Joo Won tidak memiliki ketertarikan sama sekali dengan Yoon Seul, meski keduanya berasal dari keluarga yang sederajat. Namun, Yoon Seul terus mendekati Joo Won.Suatu hari Joo Won, Oska, Ra Im dan Yoon Seul datang ke Pulau Jeju. Di pulau tersebut, Oska akan syuting video klip yang disutradarai oleh Yoon Seul, di mana Joo Won turut datang menyaksikannya. Ra Im menjadi salah satu penggemar Oska yang me-menangkan kontes untuk bisa menyaksikan Oska secara langsung. Di pulau tersebut Ra Im tiba-tiba menghilang. Joo Won pun mencari Ra Im di pulau tersebut. Sampai akhirnya dia menemukan suatu tempat misterius yang bernama ‘Secret Garden’. Kemudian suatu malam Joo Won dan Ra Im diberikan dua botol minuman alkohol oleh pemilik tempat terse-but. Mereka pun sedikit mabuk dan tertidur. Saat terbangun dari tidur, Ra Im dan Joo Won tersadar bahwa jiwa mereka telah tertukar. Penasaran den-gan ceritanya? Saksikan Secret Garden di Indosiar tiap Senin – Jumat, pukul 12.00.

Rating Tinggi
Image
Secret Garden disutradarai Shin Woo Chul, sementara skenarionya ditulis oleh Kim Eun Sook. Sebelumnya, mereka berdua bekerja sama dalam serial City Hall dan On Air. Ditayangkan pertama kali pada 13 November 2010, Secret Garden meraih rating cukup tinggi. Episode pertamanya langsung berhasil meraih rating 16,1%. Angka ini terus bertambah di setiap episodenya, dengan perolehan rating rata-rata 24%. Sementara rating tertinggi diraih episode terakhir, yaitu episode 20 dengan rating 31%.Walau mengangkat tema fantasi, serial komedi-romantis ini masih tetap ampuh untuk menarik perhatian penonton. Kisah cinta Joo Woon dan Rae Im yang lucu dan segar namun begitu mengharu-kan berhasil membuat penonton betah menonton setiap episodenya. Alhasil, penayangan Secret Garden berhasil mengalahkan serial pesaing lainnya yang diputar di slot tayang sama.

KARAKTER :
Gil Ra Im (Ha Ji Won)
Image
Tidak peduli berapa banyak dia meminum soju saat makan kulit babi, Gil Ra Im masih memiliki figur seorang super model. Mes-ki hanya menggunakan sampel kosmetik, dia tetap cantik dengan kulitnya yang bersinar secara alami. Jika ditanya mengapa men-jadi stuntwoman, dia hanya menjawab dengan senyum, “Itu sudah nasib saya.” Ra Im menguasai Kendo (anggar Jepang), Judo, Taek Won Do, dan Hapkido (seni bela diri Korea). Dia juga dikenal sebagai Kim Doo Hwan (petarung seni bela diri legendaris) di kalangan teman sekolahnya.Ketika ayahnya meninggal saat kecelakaan, Ra Im kehilangan mimpinya untuk menjadi petugas pemadam kebakaran seperti ayahnya. Dia melepaskan penerimaan Universitas dan berusaha keras untuk mencari uang. Ra Im bukanlah orang yang banyak bicara dan memiliki kepribadian yang cantik. Dia sangat jelas kepada siapa akan berpihak. Ra Im tidak bisa mengabaikan kesulitan, dan tidak pernah melalui hari tanpa cedera.Suatu hari dia bertemu dengan Kim Joo Won, dengan berbagai kejadian lucu, yang membuatnya harus bertukar kepribadian den-gannya sebagai laki-laki.

Kim Joo Won (Hyun Bin)
Image
Seorang pria yang arogan dan kekanak-kanakan. Berasal dari keluarga kaya raya, pintar dan memiliki penampilan yang menarik. Kemana pun pergi dia selalu dapat menarik perhatian para wanita. Kim Joo Won men-jalankan bisnis depart-ment store milik keluarganya. Dengan kearoga-nannya dia ingin meraih posisi no. 1 di dunia bisnis. Joo Won memiliki rival benama Oska, di mana dia tak ingin kalah dari pria tersebut. Suatu hari jiwanya tertukar dengan Gil Ra Im yang membuatnya sedikit bersifat feminin.

Yoon Seul (Kim Sa Rang)
Image
Di rumah Yoon Seul adalah seorang yang patuh, dan belajar untuk menjadi istri yang baik. Untungnya, dia memiliki wajah cantik. Yoon Seul belajar dengan giat dan lulus dari perguruan tinggi. Sekarang dia sedang mencari suami yang kaya raya. Sebelum melakukan tugas sebagai seorang istri, Yoon Seul ingin menikmati kehidupan-nya sebagai seorang selebriti. Dia juga dike-nal sebagai direktur sebuah perusahaan iklan, berkat ayahnya. Bahkan jika memakai pakaian yang semba-rangan dan tidak mengguna-kan make up, Yoon Seul tetap dikenal sebagai Director Yoon. Tapi dia menyebut gayanya itu dengan konsep kuno. Rajutan droppy dengan banyak lubang yang dikenakannya adalah pakaian handmade yang bermerk dari Italia, sehingga eksklusif, bahkan tidak dijual di department store. Mengetahui dirinya lahir dalam kehidupan 1,5% di atas masyarakat, Yoon Seul berpikir jika dia tidak perlu tahu arti cinta sejati. Sampai akhirnya dia bertemu dengan Oska.

Oska (Yoon Sang Hyun)
Image
Sejarah K-Pop dibagi men-jadi dua periode. Sebelum dan setelah debut Oska. Lahir dengan imej ‘beastly’ (liar), idola ini terlihat memikat dengan ‘killer smile’nya, ditambah ban-tuan ‘auto tune’ (software untuk penyanyi yang kurang berbakat). Oska memenangkan hati semua wanita dari Jepang hingga China dan Asia, menjadi bintang Hallyu paling sukses.Meski gen pintar kakeknya menurun ke Joo Won, kharisma yang luar biasa benar-benar diwariskan pada Oska, yang dapat menakluk-kan setiap wanita di dunia. Bahkan ketika ingin putus dengan wanita itu, dia akan memberikan sebuah ciuman perpisahan termanis. Oska benar-benar pria yang berbahaya.

Im Jong Soo (Lee Philip)
Image
Seorang sutradara bela diri yang ingin melebarkan kariernya ke Hollywood dan Chungmuro (Hollywood Korea). Lewat fisik dan aktingnya Im Jong Soo disebut-sebut sebagai Hugh Jackman Korea. Kefasihannya dalam bahasa Inggris mem-buatnya memiliki sebuah fans club. Sekarang dia menjadi sebuah kepala di sekolah akting terkenal. Setelah belajar di luar negeri Jong Soo menjadi nomor satu untuk sutradara action. Tidak hanya untuk film Korea tapi juga Hollywood. Dia jatuh cinta pada stuntwoman bernama Ra Im.

Im Ah Young (Yoo In Na)
Image
Im Ah Young pernah menjadi atlet yang menjanjikan. Tapi saat tumbuh de-wasa, dadanya yang besar membuatnya sulit berlari. Dengan memutar nasibnya, dia pun tak punya pilihan selain men-gubur mimpinya di bidang olah raga.Saat ini Ah Young bekerja di LOEL De-partment Store. Ah Young punya jiwa humoris yang selalu membuatnya bahagia dan akhirnya berujung pada keberuntungan. Dia pun ter-pilih sebagai karyawan yang paling populer. Dengan demikian, kegagalannya di lintasan lari dikembalikan dengan pengakuan dari tempat kerjanya. Ah Young memutuskan untuk meng-abdikan dirinya pada department store. Sebuah karakter yang manis yang kadang-kadang menggunakan keseksiannya sebagai senjata ‘pembunuhnya’.

Han Tae Ssun (Lee Jong Suk)
Image
Han Tae Ssun tidak bisa tinggal di satu tempat, dan berke-liaran ke seluruh pelosok dunia. Dia mungkin ada di Munich sekarang, lalu di Paris satu min-ggu kemudian dan berikutnya ke Instambul. Sep-erti itulah Tae Ssun. Ketika ayahnya mening-galkannya karena ibunya yang selingkuh, dia pun mengemasi barang-barangnya. Karena ibunya, dia tidak percaya lagi dengan wanita dan tidak pernah jatuh cinta. Hanya satu pemikirannya, yaitu menjadi kuat untuk musiknya.

Sabet Banyak Penghargaan
Image
Karena prestasi dan popu-laritasnya, Secret Garden berhasil menyabet berbagai macam trofi penghargaan dari 2010 SBS Drama Awards dan 47th Baeksang Arts Awards (2011). Di SBS Drama Awards, serial ini berhasil meme-nangkan enam trofi penghargaan, yaitu dua Top Excellence Award (Aktor dan Aktris Serial) untuk Hyun Bin dan Ha Ji Won, Netizen Popular-ity Award (kategori Drama), Netizen Popularity Award (Hyun Bin dan Ha Ji Won), Pasangan Terbaik (Hyun Bin dan Ha Ji Won), dan Top 10 Stars yang kembali dimenangkan oleh keduanya. Sementara di Baeksang Arts Awards tahun ini, Secret Garden ditahbiskan sebagai Serial Terbaik dan menyabet gelar Daesang untuk aktor utamanya, Hyun Bin. Aktris Yoo In Na juga berhasil meraih trofi penghargaan Artis Wanita Pendatang Baru Terbaik. Sementara penulis skenario Kim Eun Suk memenangkan penghar-gaan Skenario Serial Terbaik.

Diminati Pasar Luar Negeri
Image
Popularitas Secret Garden memang luar biasa. Dua minggu sebelum ditayangkan, hak tayang serial ini sudah terjual keluar negeri. Baru beberapa minggu memulai syuting, hak tayang Secret Garden sudah dibeli produser Hong Kong dan Filipina. Selain itu, hak tayangnya juga terjual ke Jepang, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Indonesia untuk ditayangkan di sana. Sepertinya, nama besar Hyun Bin dan Ha Ji Won bisa menjadi jaminan laris dari serial ini. Belum lagi deretan tim produksi seperti sutradara Shin Woo Chul dan penulis skenario Kim Eun Sook adalah orang-orang yang berada di balik kesuksesan serial Lovers in Paris, Lovers in Prague, dan On Air.

Diadaptasi Jadi Manhwa dan Novel
Tak hanya di layar kaca, Secret Garden juga diadaptasi menjadi novel, komik foto, dan soonjung manhwa (shojo manga). Mesti diadaptasi sebagai novel, sang penulis novel, Kang Yi Eul tidak mengubah isi dan jalan cerita Secret Garden. Bahkan, dialog-dialog yang ditu-lis penulis skenario Kim Eun Sook masih dimasukkan dalam novel. Termasuk kalimat “Apakah ini yang terbaik? Apakah kalian yakin?” yang diucapkan Joo Won pada karyawannya. Selain itu, beberapa adegan terbaik Secret Garden juga dimuat dalam versi komik foto yang diterbitkan dalam dua volume. Ber-beda dengan versi novel dan komik foto, versi soonjung manhwa memiliki jalan cerita yang berbeda dari serialnya. Dengan begitu, para fans bisa melihat sisi lain para tokoh serial ini.

Dijadikan Drama Radio
Selain novel dan komik, Secret Garden juga diadaptasi menjadi ‘drama radio’ atau drama yang disiarkan di radio. Versi ini cukup unik, dibandingkan drama lain yang pada umumnya diangkat ke layar lebar atau drama musikal.Dengan durasi enam belas episode, drama radio Secret Garden disiarkan SBS Radio Love FM (103.5MHz) setiap Sabtu dan Minggu mulai 9 April lalu. Drama radio ini menampilkan dialog dan suara asli para pemeran utamanya, seperti Hyun Bin, Ha Ji Won, Yoon Sang Hyun, dan Kim Sa Rang. Bedanya, versi drama radio ini me-nampilkan narasi dari karakter ayah Ra Im (diperankan Jung In Ki).

Diparodikan Banyak Artis Pop
Setelah Secret Garden usai ditayangkan, hiporia serial ini tidak langsung berakhir. Adegan-adegannya meninggalkan kesan begitu mendalam bagi para penonton. Salah satu adegan paling populer adalah saat Joo Won melakukan sit up romantis bersama Ra Im.Adegan ini menarik perhatian banyak artis top Korea untuk membuat versi parodi dari adegan tersebut. Setelah komedian PSY, personel Big Bang juga menampilkan video parodi mereka tentang adegan Secret Garden di acara comeback spesial mereka di SBS. Dalam parodi Secret Garden versi Big Bang, tokoh Joo Won diper-ankan TOP, sementara Ra Im diperankan oleh G-Dragon dengan sangat lucu. Dalam adegan tersebut mereka tidak hanya melaku-kan sit up romantis, tapi juga ciuman!Setelah parodi Big Bang sukses membuat penonton terbahak-bahak, Won Bin juga membuat parodi untuk adegan sit up tersebut. Adegan yang dibuat oleh Won Bin bukan hanya sekadar untuk hiburan tapi parodi itu juga digunakan sebagai iklan SK Telecom yang ditayangkan di Korea sejak 5 Maret lalu.

Lariskan Buku Alice in Wonderland
Image
Popularitas Secret Garden juga ikut melariskan penjualan buku Alice in Wonderland. Dalam salah satu adegan, Joo Won dan Ra Im membaca buku Alice in Wonderland. Beberapa dialog dari buku itu juga ditampilkan dalam Secret Garden. Hasilnya, Alice in Wonderland menduduki peringkat 2 sebagai buku bestseller di situs toko buku online Aladdin. Hasil ini mengulang fenomena “Hyun Bin effect”. Tahun 2005 silam, buku Momo karya Michael Ende menjadi bestseller di Korea setelah adegan Hyun Bin membaca buku itu di serial My Name is Kim Sam Soon ditayangkan. Buku tersebut berhasil terjual hingga 1 juta kopi.

Kaos Kaki Oska Laris Manis
Image
Kaos kaki Oska yang membuat Joo Won cemburu dirilis di pasaran 31 Januari lalu. “Begitu kalender dinding Oska dirilis, kami menerima jumlah permintaan yang tak terhingga untuk kaos kakinya. Tidak hanya itu, novel, animasi video, dan item digi-tal lainnya seperti stiker buku harian Hyun Bin dan mini-me adalah item yang sangat disukai. Kami berharap produk-produk dalam drama ini memberi-kan fans kesempatan untuk bernostalgia terha-dap adegan-adegan dalam dramanya,” kata perwakilan SBS. Kaos kaki itu dijual secara online atau offline dengan harga US$ 4 (Rp 36.000,-).

Sempat Ditawarkan pada Jang Hyuk
Image
Sebelum Hyun Bin, peran Joo Won sempat ditawarkan ke-pada Jang Hyuk. Berhubung Jang Hyuk menolaknya, peran itu akhirnya jatuh ke tangan Hyun Bin. Jang Hyuk menolak peran Joo Won saat masa rehat usai membintangi serial Chuno. Tak disangka Secret Garden sangat sukses dan melambungkan nama Hyun Bin. Walau demikian, Jang Hyuk mengaku tidak menyesal dan mem-beri selamat pada mantan kekasih Song Hye Kyo itu.“Secret Garden adalah karya yang sangat bagus sekali, dan saya senang Hyun Bin menerimanya. Kini dia menjadi seorang aktor berkualitas dan lebih baik dari sebelumnya,” ucap Jang Hyuk ketika menghadiri jumpa pers serial Midas. Selain Jang Kyuk, Jay Park juga sempat disebut-se-but sebagai salah satu kandidat pemeran Joo Won.

C.A.P Teen Top Ikut Audisi Peran Ssun
Image
Sementara itu, C.A.P Teen Top mengakui jika dirinya pernah mengikuti audisi untuk karakter Tae Ssun. Sayang dia kalah dan akhirnya peran itu jatuh ke tangan aktor penda-tang baru Lee Jong Suk.“Sebuah tawaran datang saat saya sedang memper-siapkan album kedua kami. Saya mengikuti audisi, tapi gagal di babak final. Saat menonton Secret Garden, saya sering membayangkan apa yang akan terjadi jika saya adalah Ssun, Jika kesempatan da-tang suatu hari nanti, saya ingin mencoba berakting,”

credit & sumber: ASIAN GRUP
shared: KBPKfamily
post: YUNA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar