FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Sabtu, 03 September 2011

Kiprah Artis Indonesia di Korea

Mulai dari banyaknya drama korea yang tayang di Indo sampai eksisnya pembicaraan tentang korea (esp tentang artisnya) di dunia maya kayak di situs” jejaring sosial (facebook atau twitter), forum” dan blog” (yah kayak blog ini yang isinya bahas korea semua).
Lalu, bagaimana dengan Indonesia sendiri? apakah Indonesia wave juga malanda Korea? Jawabannya, kayaknya belum deh. Karena susah lho untuk menembus pasar Entertaiment di korea karena orang korea itu tipikal orang” yang lebih menyukai artis lokalnya. Asal tahu ajah, F4 yang terkenal di seantero Asia sj butuh waktu lama untuk bisa populer Korea.
Tapi kita sebagai orang Indonesia harusnya masih bisa berbangga hati karena masih ada beberapa artis Indonesia yang pernah icip-icip manggung di korea sana. Hitung-hitung memperkenalkan musik indonesia kepada publik korea. Diantaranya adalah:

1. Agnes Monica


Kalo artis kita yang satu ini pasti semua udah pada tau kalau dia udah lumayan di kenal di Korea. Terhitung sudah 2 kali di di undang untuk tampil di acara Asian Song Festival yaitu tahun 2008 dan 2009 dan Mendapat sambutan yang meriah dari publik Korea. Ini beberapa video waktu Agnes manggung di Asf 2008 dan 2009.

cr: blastoop on youtube

2. Mocca

Mocca yang beranggotakan Arina (vokal), Riko (gitar), Indra (drum) dan Toma (bass) ternyata cukup terkenal di Korea waktu dengar cerita kalo mereka pernah tampil di SBS KJE’s Chocolate. Gw udah berusaha nyari videonya, tapi ternyata udah keduluan sama om youtube buat di suspended. Hiks~
Terus gw jadi lebih aware lagi dengan mocca waktu lagu-lagu mereka sering jadi backsound di acara reality dan variety show terkenal di korea macam MBC We Got married dan KBS SNSD Hello Baby.
Yup, ternyata band Indie beraliran musik swing & jazz dengan lagu-lagu yang berlirik Bahasa inggris ini sudah pernah rilis beberapa album dan mini album di bawah label indie Korea Beat Ball Record. Trus lagu-lagu mereka kayak I remember, happy, the best Thing pernah di pake sebagai jingle iklan” korea. Wah~ salut gw
Waktu bulan juni 2009 kemarin Mocca juga sempat konser di Korea. Ini beberapa performance mereka:

cr: furansizuka on youtube

siapa lagi artis lainnya? cek under the cut

3. Gita Gutawa

Selain Agnes monica dan Mocca, ternyata Penyanyi remaja Gita Gutawa yang sebentar lagi bakal menggelar konser tunggalnya februari ini juga pernah manggung di Korea dalam rangka sebagai perwakilan Indonesia di acara Asia Culture Festival 2009 (sebuah festival yang di gelar untuk memperkenalkan kepada pengunjung tentang perbedaan kebudayaan” Asia. Acaranya sendiri diisi dengan pertunjukan musik dan seni budaya dari masing” negara yang ikut serta dalam festival ini)

beberapa performance gita di festival tersebut:

cr: furansizuka on youtube

ternyata Gita mendapat sambutan yang cukup meriah di Korea sana. Banyak juga yang jadi ngefans dengan dia, sampai-sampai ada band jepang yang juga ngefans sampai bela-belin minta tanda tangannya Gita.
Salut deh sama Gita Gutawa, gw sih berharap kalau Asian Song Festival tahun ini atau tahun” ke depan dimana Indonesia masih aktif mengirimkan perwakilannya, sekali-kali Gita Gutawa yang jadi representative Indonesia. Pasti keren bisa memperdengarkan suara Gita yang keren banget secara lebih meluas ke publik korea.


4. Peterpan
Hah? Emang Peterpan pernah manggung di korea? Kapan? Acara apa?
Hhehehe mungkin rada pada kaget waktu ada nama peterpan yang notabene band yang personilnya cowok” semua tiba” nyelip diantara beberapa artis cewek yang gw bahas sebelumnya.
Jawabannya: Ya iyalah, Peterpan pernah manggung di Korea di acara Asian Song Festival 2007. Mereka waktu itu sepanggung dengan F4 (Taiwan), Vicky Zhao (China), Mai Kuraki (Jepang), beberapa artis perwakilan dari negara asia lainnya dan tentu saja artis yang mewakili korea yaitu TVXQ, Super Junior, Kara dan Lee Hyori.

Dari wawancara tentang manggung mereka di Korea yang gw baca di situs kapanlagi.com, Ternyata Peterpan rada kecewa dengan ASF ini. Bukan karena sambutan penonton gak meriah (mereka mendapat sambutan cukup meriah kok, karena berdasarkan pengakuan peterpan, lagu-lagu mereka langsung dapat masuk ke publik korea~langsung bisa di ikutin gitu, terus banyak juga yang nanya” soal album mereka) cuma katanya, mereka rada kaget karena awalnya mengira bakal banyak band yang ikut serta taunya cuma ada 2 band yang ikutan yaitu peterpan sendiri dan satu lagi band Filipina Barbie Almabis. Terus yang lainnya adalah penyanyi solo dan banyakan Boyband (mungkin yang mereka maksud F4, TVXQ dan Super Junior dan mereka kaget liat Suju yang personilnya ada 13 orang kali yah? )
Dengan keikutsertaannya di ASF 2007 Peterpan mendapatkan penghargaan “Best Cotribusion Award”
ini video Peterpan waktu manggung di ASF 2007

cr: brelly01 on youtube

Meski bisa di hitung jari artis-artis Indonesia yang bisa manggung di korea (esp untuk event” berskala besar”) tapi ternyata mereka bisa membuat publik korea suka dengan musik” mereka.

CreditFull: eynjoysj.wordpress.com
share: KBPKfamily
post. Yuna

FULL CREDIT OK ^^b

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar