FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Rabu, 30 Juni 2010

BULGOGI


Bulgogi

Bulgogi adalah Makanan khas Korea yang berasal dari daging sapi.
sekedar info buat chingu yang mau ngeolahnya jangan lupa bagi-bagi ya ^^ pembuatannya simpel kok dan bahan ada di sekitar kita juga (ceileh padahal gw blm pernah bikin ^^v). berikut cara mengolah Bulgogi:

Bulgogi versi 1:
Bahan-bahan:

200 gr daging sapi iris tipis panjang

40 gr bawang Bombay potong memanjang

40 gr daun bawang iris panjang

15 lbr daun wijen

40 gr bawang putih slice agak tebal

Sambal korea sesuai selera

Bahan Saus:

30 ml air

30 ml juice nanas

1 gr lada hitam

30 ml kikoman

2 gr bawang putih cincang

20 gr gula pasir

5 ml minyak wijen

Cara membuat:

1. Bahan saus campur jadi satu, lalu masukkan irisan daging, bawang Bombay dan daun bawang.

2. Goreng daging dengan sedikit minyak, angkat taruh dalam piring lalu ambil 1 lembar daun wijen kemudian isi dengan daging, bawang putih slice, sambal korea kemudian bulgogi siap disantap.


bulgogi v.2

Bulgogi versi 2:
sebenernya bulgogi versi 1 atau 2 sama aja,hanya saja kali ini versi dua cara penyajiannya agak berbeda. Salah satu sajian BBQ khas Korea ini sangat mudah dibuat. Pilih saja daging sapi dengan sedikit lemak agar rasanya lebih gurih. Makin lama direndam bumbu rasanya akan makin enak. Sajikan dengan nasi hangat, irisan lettuce plus sambal Korea (ssamjang).

Bahan:
600 g daging sapi sirloin, iris tipis
1 buah bawang Bombay, iris tipis
3-5 jamur shitake atau champignon, iris tipis
Saus:
1 sdm daun bawang iris halus
6 sdm kecap/soy sauce
1/2 cup bawang Bombay parut
3 siung bawang putih, cincang halus
3 sdt gula pasir
1/2 sdt jahe parut
2 sdt minyak wijen
1/4 sdt merica hitam bubuk
1,5 sdm rice wine
1 sdt biji wijen

Cara membuat:
# Taruh irisan daging dan bawang Bombay dalam mangkuk.
# Aduk semua bahan saus hingga rata.
# Rendam daging dengan Saus selama minimal 3 jam (makin lama direndam akan makin enak rasanya).
# Panggang di atas bara api, atau masak di dalam wajan hingga daging matang kedua sisinya. Angkat.
# Taburi biji wijen, sajikan dengan nasi dan sajian pendamping.

Untuk 5 porsi

Sambal Tradisional Korea (ssamjang)
Bahan:
3 sdm tauco Korea (dwenjang)
1 sdm sambal cabai merah Korea ( kochujang)
1 sdt gula pasir
2 sdt bawang putih cincang
2 sdt minyak wijen

nah tinggal pilih deh yang mana yang mau kalian coba ^^
selamat mencoba ^^

by_http://asiaaudiovisualexc09katridyahprameswari.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar