FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Sabtu, 13 November 2010

Pyeonsu (편수)


Pyeonsu (편수)

Pyeonsu adalah masakan pangsit yang terbuat dari sayur dan dimakan pada musim Yudu yang jatuh pada tanggal 15 Juni kalender bulan. Nama Pyeonsu diberikan karena bentuk masakan ini mirip seperti keping terapung di atas air. Masakan ini diperkenalkan oleh Cina ke Gaeseong yang merupakan kota perdagangan internasional pada zaman dinasti Goryeo sehingga terkenal sebagai masakan dari daerah Gaeseong di bagian utara Semenanjung Korea. Masakan Pyeonsu atau pangsit kuah dingin dibuat dari sayur dan merupakan masakan untuk musim panas.

Bahan Utama :
(untuk 2 orang)
Isi pangsit : 200g toge, 1/2 buah zukini, 1 buah ketimun, 7 lembar jamur shitake, 1 sdm minyak goreng, 1 sdt minyak wijen, garam, lada
Kulit pangsit : 190g tepung terigu, 100cc air, 1/2 sdt garam
Hiasan masakan : 3 butir telur, 10g biji pinus
Saus : 2 sdm kecap asin, 2 sdm gula pasir, 2 sdm cuka

Bumbu :
Kuah : 1.5L air, 200g lobak, 50g bawang bombai, 5g Dasima, 20g bawang putih, 4g jahe, 40g daun bawang, 10g ikan teri kering
Bumbu kuah : 2 sdm kecap asin, 2 sdm arak, 1 sdm garam, 50cc kuah Kimchi

cara memasak :
1. Buat adonan dengan mencampurkan semua bahan lalu disimpan dalam kulkas selama 30 menit untuk dimatangkan lewat proses fermentasi.
2. Bahan kuah direbus dengan api sedang selama 20 menit lalu disaring. Dibumbui dengan kecap asin, arak, garam, dan kuah Kimchi.
3. Toge direbus. Ketimun dan zukini dipotong halus dan digarami dengan 1/2 sdt garam selama 5 menit lalu diperas. Jamur shitake dipotong halus.
4. Tumis ketimun, zukini, dan jamur shitake dengan 1/2 sdm minyak goreng lalu dibumbui garam dan lada. Campurkan sayuran yang ditumis dan toge bersama dengan 1/2 sdm minyak wijen dengan merata.
5. Biji pinus ditumis selama 4~5 menit di atas api kecil. Potong telur dadar bagian putih dan kuning dengan halus.
6. Tipiskan adonan yang dimatangkan dalam kulkas selama 30 menit dan potong dengan ukuran 8X8cm.
7. Buat pangsit Pyeonsu dengan membungkus isi dengan kulit pangsit.
8. Kukus Pyeonsu dalam panci pengukus yang dialasi dengan kain katun.
9. Taruh Pyeonsu dalam mangkuk lalu tuangkan kuah dingin dan hiasi dengan telur dadar dan biji pinus. Sajikan bersama saus kecap asin.

TIPS : ☑ Kalau adonan difermentasikan di dalam kulkas selama 30 menit, maka adonan memiliki air dan menjadi lebih elastis.
☑ Kuah Kimchi dapat menambah rasa segar dan pedas pada kuah.
☑ Jangan masukkan kuah yang masih hangat ke dalam kulkas karena mengakibatkan makanan dalam kulkas dapat menjadi basi.
☑ Toge tidak ditumis tetapi direbus sebentar supaya tidak kehilangan airnya. ☑ Kalau isi pangsit diaduk bersama dengan minyak wijen, masakan akan lebih harum dan lezat.
☑ Kulit pangsit ditutupi dengan kain basah supaya tidak menjadi kering. ☑ Saus kecap asin dibuat dari kecap asin, gula pasir, dan cuka dengan rasio 1:1:1. Boleh pakai bawang bombai dan cabe yang dicincang.

kamsahamnida ^^
source by_KBSWORLD

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar