FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Rabu, 27 Juli 2011

APA SIH WAJIB MILITER ITU???


Wajib militer adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap warga negara Korea khususnya laki-laki yang punya kesehatan fisik, mental dan spiritual yang bagus. Pokoknya bukan penyandang cacat atau punya kelainan jiwa.

Kenapa saya posting soal ini? Karena kemaren, topik yang saya tanyain ke temen cetingan adalah wajib militer. Dan dengan ketusnya dia jawab ‘I don’t wanna talk about it!’

Saking penasaran, akhirnya dia nyerah trus cerita.

Laki-laki sehat jasmani dan rohani sekitar umur 20-30-an wajib ikut. Dia bilang pas dapet surat panggilan tes kesehatan dll, kagetnya kayak pacar kamu bilang dia hamil. Bisa dibayangin kan gimana stressnya masuk wajib militer. Petugas pemerintahan yang cek kesehatan calon anggota wajib militer bakal memilah pemuda-pemuda ini untuk masuk ke kategori-kategori tertentu, yang dinilai cocok sesuai laporan tes kesehatannya. Kata temen, ada 4 tingkatan, saya juga gak terlalu ngerti kategorinya apa aja, yang pasti dia mah masuk tingkatan nomor 1, jadi prajurit biasa yang bener-bener latihan fisik dan pegang senjata. Dia ngeluh, kenapa orangtuanya bukan golongan chaebol atau mukanya digantengin dikit trus ikutan jd artis seblum masuk militer. Kan enak bisa masuk tingkat 4 yang kerjanya dibelakang meja dan punya jam luang yang lebih gak perlu capek squad jump, jam pagi, lari dll.

Pantesan aja banyak artis-artis cowok yang ikut wajib militer milih kerja dibelakang meja dari pada kerja dibelakang kawat duri.

Karena banyak yang protes tentang orang-orang yang bisa ambil jalan ‘aman’ masuk wajib militer tapi punya status tingkat 4 padahal orang yang bersangkutan gak punya masalah kesehatan, mereka pada jadi bahan gunjingan dimasyarakat. sebagian orang mungkin menganggap kalo wajib militer itu mimpi buruk yang terjadi pada masa-masa mereka seharusnya bersenang-senang, soalnya selama 2 tahun harus di ‘karantina’ menerima pelatihan ketentaraan. Tp Jwoong bilang dia dapetin pengalaman yang gak bisa didapet di tempat lain. Yang td nya dia pikir buat apa sih ikut wajib militer, buang2 waktu 2 tahun, harus ngelepasin status pekerja, siswa/mahasiswa. Tapi klo dipikir sama aja, dia juga bakalan ngabisin waktunya secara percuma klo dia gak ikut wajib militer.

Trus apa yang dilakukan anak-anak muda yg sudah masuk militer?

Pertama-tama mereka harus berhenti sekolah/dari pekerjaannya untuk sementara. Lalu mereka diharuskan mengisi formulir dimanakah mereka ingin ditempatkan, ada angkatan laut, udara atau prajurit yang membantu pasukan amerika. Tapi kebanyakan dari mereka akhirnya malah jadi tentara. Latihan dasar yang mereka terima sekitar 4 minggu di camp latihan, setelah itu mereka baru dipindah tugaskan ke satuan unit yang mereka pilih sebelumnya untuk melanjutkan sisa waktu wajib militer untuk 2 tahun ke depan.

Sekarang gaji perbulan udah lumayan enak, Jwoong masuk sekitar thn 2006, tahun segitu gaji lumayan.

Baru tahu kalo setiap tahun setelah selesai wajib militer, mereka masih diharuskan ikut latihan tahunan 예비군 훈련.

Binggung kenapa kadang-kadang aktor korea pujaan engga main film beberapa tahun, bukan karean engga laku tapi mungkin mereka sedang ikut wajib militer. Wajib militer atau seringkali disingkat sebagai wamil adalah kewajiban bagi seorang warga negara berusia muda, biasanya antara 20-30 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara. Yang harus wamil biasanya adalah warga pria. Warga wanita biasanya tidak diharuskan wamil.

Dan semua pria yang menghindari kewajibannya akan dihukum dan mendapat kesulitan untuk mejalankan kehidupan di masyarakat dan karirnya di Korea.Akan tetapi, wajib militer di kalangan artis Korea memang kerap menimbulkan kontroversi. Berikut ini adalah para artis Korea yang diharuskan menjalani wajib militer.

Lee Dong Gun merupakan salah satu aktor yang harus mengikuti wajib militer. Aktor ini sudah mulai menjalani wajib militer pada 15 Juni lalu.Lee Dong Gun akan menjalani tugasnya ini selama dua tahun. Berarti wajah tampannya tak akan menghiasi layar kaca selama itu. Untuk para penggemar Lee Dong Gun harus bersabar untuk bisa melihat aktingnya lagi.Lee Dong Gun tak sendiri.

Pasalnya, aktor Kim Nam Gil juga akan mengikuti wajib militer.Pemain serial 'Queen Seon Deok' ini telah menerima surat panggilan untuk mengikuti wajib militer sejak Maret lalu. Tetapi, pihak manajemen meminta penundaan. Alasannya, aktor ini harus menyelesaikan syuting serial drama 'Bad Man' terlebih dahulu.Pria berusia 29 tahun ini menunda tugas wajibnya itu selama 3 bulan. Maka pada Juni lalu, Kim Nam Gil sudah menjalani wajib militer tersebut. Sama seperti Lee Dong Gun, Kim Nam Gil juga harus menjalani wajib militer selama dua tahun.

Penyanyi dan juga aktor Rain termasuk aktor Korea yang harus menjalani wajib militer. Pemilik nama asli Jung Ji Hoon ini sudah mendapat surat panggilan untuk mendaftar wajib militer pada 9 September lalu.Namun, padatnya jadwal aktor berusia 29 tahun ini membuat manajemen berpikir untuk melakukan penundaan tugas negara yang dibebankan padanya.

Apalagi, kabarnya pria ini memdapat tawaran untuk membintangi film baru. Walau belum dibahas secara khusus dengan bintang serial 'Full House' ini, cuma dipastikan peran utama dalam film 'Red Scarf' itu akan jatuh ke tangan Rain.Aktor Jo Han Sun juga akan menjalani kewajibannya menjalani tugas negaranya dengan melaksanakan wajib militer. Jo Han Sun akan melakukan tugasnya pada 9 September lalu.Sebenarnya, Jo Han Sun sudah mendapatkan panggilan untuk menunaikan wajib militer ini pada awal tahun ini. Tetapi, karena kesibukannya mempersiapkan pernikahannya maka dia meminta penundaan.

Lee Jun Ki, setelah diberitakan bahwa dia meminta pengunduran tanggal masuk wajib militer, ternyata departemen ketentaraan korea tidak menerima permohonan nya dan menyuruh nya untuk mematuhi jadwal yang sudah diberikan.pada 28 April ini, diberitakan bahwa ‘Lee Jun Ki akan masuk wajib militer pada 3 Mei, dan sudah menerima surat perintah untuk tdk menunda masuk militer’

aktor keliahiran 1982 ini, akan menerima tugas militer di CheonNam, Neonsan Camp begitu yang diberitakan oleh berita korea. karena harus wajib militer, Lee Jun Ki terpaksa harus melepaskan peran nya di drama saeguk ‘God’.

itu baru beberapa contoh aktor-aktor yang ikut tapi masih banyak lagi lho.

Karena jangka waktunya yang cukup lama banyak aktor korea yang lari ke jepang utuk menghindari wamil. Tapi banyak juga yang ikut walau hanya sebentar dengan alasan sakit hahaha biasa aja alasannya.

credit. http://setiakorea.blogspot.com n http://countingwayward.wordpress.com/2010/01/15/wajib-militer-di-korea/

shared: KBPKfamily

cop: YunaKBPKfamily

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar