FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Senin, 11 Juli 2011

(Info) Love lock “Tradisi unik pemuda korea”

hmmm….. hmmmm pengen bahas soal love lock ni ke ppopoders… haha

tadi malem abis liat acara Pet*r di tv, mereka bahas soal love lock ato kalo dalam bahasa indonesanya dikenal gembok cinta…. walaupun uda tw lama soal ini tapi gag ada salahnya di share sekarang hahaha *author telat

Jika Anda berlibur ke Seoul, Korea Selatan, sempatkanlah datang ke tempat ini, N Seoul Tower di kawasan Namsan Park. Suasana yang tenang, pepohonan rindang, udara bersih, serta pemandangan kota Seoul dari ketinggian dapat menyejukkan hati Anda.

Selain N Seoul Tower, ada satu lagi daya pikat dari menara yang sangat tinggi ini, yaitu Gembok Cinta. Apa sih gembok cinta itu? Kok pakai gembok segala?

Mungkin seperti itulah pertanyaan-pertanyaan orang saat mendengar kata gembok cinta. Gembok cinta adalah gembok biasa yang dipasang di beberapa sudut N Seoul Tower yang telah disediakan. Gembok ini dipercaya sebagai lambang cinta sepasang kekasih.

Menurut Korea Times, tradisi memasang gembok cinta ini dimulai oleh sepasang kekasih yang terinspirasi hal serupa di Menara Tokyo. Selain itu, ada pasangan selebriti di sana yang mengikat janji di tempat ini dengan cara memasang gembok dan kuncinya langsung dilempar jauh dari atas menara. Kejadian ini pernah ditayangkan dalam acara ‘We Got Married’, sehingga mengundang pasangan kekasih lain berbondong-bondong melakukan hal yang sama. Kemudian hal tersebut dijadikan sebuah tradisi yang bernama love lock atau gembok cinta. so sweeet! Tradisi ini juga diabadikan di film Thailand, ‘Hello Stranger’.
Pagar Berjuta Gembok
Pagar yang terletak di teras menuju Seoul Tower di dekat Gunung Namsan ini sudah penuh dengan banyak gembok. Gembok-gembok berbagai ukuran dan warna ini dikaitkan di pagar itu. Maklum, hampir setiap hari tempat ini didatangi cewek dan cowok yang lagi jatuh cinta untuk menggantungkan gembok di pagar itu. Saking banyaknya gembok yang digantung, pagar ini sekarang terlihat bengkok karena berat gembok yang hampir nggak bisa ditampung lagi.

Mengunci Cinta
Konon, kalau datang ke tempat ini dan melakukan ritualnya, hubungan kita dan si dia bakal langgeng. Caranya adalah kita mesti datang berdua dengan si dia. Lalu, kita mengunci gembok yang kita bawa di pagar tersebut. Gembok yang kita bawa bisa kita hias dulu sebelumnya atau setidaknya kita tuliskan nama kita dan pacar. Setelah gembok kita kunci, kita bisa melempar kuncinya ke bawah. Maksudnya sih kita dan si dia sudah berjanji bakal selalu bareng-bareng dan nggak akan bisa dipisahkan, seperti si gembok yang sudah hilang kuncinya itu. sebaiknya sih kalau ke sini jika sudah bersuami-istri, karena kalau masih pacaran bisa jadi ketika putus, maka gembok itu pun juga harus dibuka, hahaha…
Bukan Asli Korea
Asal mula menggantungkan gembok di pagar Seoul Tower ini sebenarnya dari seorang turis Korea yang kebetulan melihat hal yang sama di Tokyo Tower. Makanya, ketika ia kembali ke Korea Selatan dan berkunjung ke tempat ini, ia pun melakukan hal yang sama. Tapi, tempat dan tradisi ini makin populer setelah dua bintang televisi Korea, penyanyi Alex dan model Sinae, terlihat berkencan di sana. Khuntoria juga pernah memasang gembok cinta mereka disini. disana ternyata ada banyak sekali gembok cinta di tempat ini. Jenis gemboknya pun bermacam-macam. Ada yang besar, kecil, gambar hati, borgol, dengan berbagai tulisan yang berisi tentang harapan dan cita-cita. Ada juga yang bahkan sampai menggunakan rantai sepeda. Mungkin biar lebih awet kali ya? (hha jadi inget nickhun bawa gembok segede lengen di namsan tower)

ini gambar gembok  yang di tulis nama pasangannya, mereka nulisnya pake ujung kunci gemboknya... tentunya si cowok yang nulis (hha secara tenaga mereka lebih besar dari pada cewek)

Selain menulis nama, kebanyakan pasangan menuliskan keinginan-keinginan mereka. kebanyakan ditulis dalam bahasa Korea, Hanya beberapa yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Untuk yang tertarik memasang gembok cinta, toko souvenir di tempat ini sudah menyediakannya. Dua pasang gembok dijual dengan harga 8 ribu Won (Rp 64 ribu). Selain membeli, Anda juga bisa mempersiapkannya sendiri dari Jakarta, sehingga bisa lebih irit.

Bagaimana dengan indonesia…….. tradisi ini mulai dikenalkan sekitar bulam Februari lalu dalam rangka memperingati Hari kasih sayang acara ini dilaksanakan oleh merek permen Capilano’s keluaran PT. Orang Tua Group dan Taman Impian Jaya Ancol, mereka menggelar tradisi ini untuk pertama kalinya sebagai ajang simbol percintaan dan persabahatan sejati, melalui ‘Dermaga Hati with Capilano’s’. dan di acara ini ada pasangan artis indonesia yang turut serta melakukan tradisi love lock mereka adalah irwansyah dan saskia sungkar.

gimana kalian tertarik??? haha……

(eny/eny)

Credit Woolipop , massiveidea , googling

reshared by mydonal@yeppopo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar