FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Rabu, 20 Juli 2011

Seogalbi-jjim(쇠갈비찜)

Bahan Utama :
(2 orang) : 600g daging iga sapi (untuk kaldu : 2 liter air, 1 sdm kecap asin, 2 sdm arak masak, 1 batang daun bawang, 5 siung bawang putih, 100g lobak)2 lembar jamu shitake kering, 50g lobak, 50g wortel, 5 biji buah berangan, 1 telur dadar kuning dan putih, 4 biji buah ginkgo, 1 sdt biji pinus

Bumbu :
Bumbu-bumbu : 4 sdm kecap asin, 1 sdt bawang putih cincang halus, 2 sdt sari jahe, 2 sdm sari bawang bombai, 1 sdm sari buah nanas, 1 sdm buah pear, 1 sdm minyak wijen, 1 sdm arak masak, 2 sdt madu, 1/4 sdt lada putih, 5 gelas kaldu daging
Dalam sebuah buku masak bernama Sieu-jeonseo(시의전서) yang diterbitkan akhir abad ke-19 Galbi-jjim dicatat dengan istilah Gari-jjim karena daging iga disebut Gari pada waktu itu. Sehingga istilah 'Gari' itu dipakai di Seoul hingga tahun 1930-an. Galbi-jjim yang dimasak dengan saus campuran kecap asin dan sari buah-buah memiliki rasa lunak dan lezat. Galbi-jjim ini merupakan salah satu makanan Korea yang digemari orang asing.

Potong daging iga sapi dengan ukuran 5x5cm. Rendam dalam air dingin selama 30 menit untuk menghilangkan darah. Bersihkan lalu goreskan daging dengan bentuk salib berukuran 1cm.

Rebus daging iga sapi dalam air mendidih selam 1 menit dan keluarkan ketika busa muncul lalu dibilas dengan air dingin.

Mendidih 2 liter air dalam panci. Masukkan kecap asin, arak masak, daun bawang, bawang putih, lobak, dan daging iga sapi. Masak dengan api besar selama 10 menit kemudian kecilkan api menjadi sedang. Masak lagi selama 20 menit.

Keluarkan daging dan kuah disaring dengan memakai kain kasa.

Jamur shitake direndam dalam air selama 30 menit, peras, dan belah menjadi 4. Batangnya dibuang.

Potong dadu lobak dan wortel dengan ukuran 2 cm dan olah seperti bentuk buah berangan. Rebus lobak, wortel, dan buah berangan dalam air mendidih selama 2 menit lalu disaring.

Buat telur dadr dengan tebal 0,5 cm dan potong dengan bentuk diamon berukuran 1,5cm.

Campurkan semua bumbu untuk saus.

Masukkan semua daging iga sapi ke dalam panci bersama dengan saus. Masak dengan api sedang selama 20 menit tanpa ditutup. Ambil dan taburi saus yang diambil dari bawah masakan yang sedang dimasak.

Masukkan lobak, wortel, buah berangan, dan jamur shitake. Masak dengan api kecil selama 10 menit. Panci ditutup.

Tempatkan masakan di piring dan dihiasi dengan buah ginkgo, biji pinus, dan telur dadar.

☑ Gores permukaan daging agar saus meresap.
☑ Kalau daging iga sapi masak dengan saus dari awal, masakan berasa getir. Masukkan saus setelah matangkan daging bersama dengan kecap asin, air, dan bumbu lain.
☑ Simpan sisa kaldu dalam kulkas supaya dipakai untuk masakan lain seperti sup taujo, oseng-oseng, dan lainnya.
☑ Tidak tutup panci selama 20 menit waktu masak dengan saus supaya daging menjadi terlalu empuk dan memeliki rasa kenyal.
☑ Buah ginkgo ditumis dengan sedikit garam di wajan lalu kupas kulitnya.

cre: Kim Soo-jin@world.kbs.co.kr
cop: YunaKBPKfamily

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar