FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Rabu, 20 Juli 2011

Sundubu-jjigae(순두부찌개 )

Bahan Utama :
(untuk 2 orang)
500g tahu sutra, 100g kerang putih, 100g tiram, 1 buah kuning telur, 1 batang daun bawang, 1 gelas kaldu Dasima, 40g garam,

Bumbu :
Bahan saus : 1 gelas minyak goreng, 1 sdm bawang putih cincang halus, 1/2 sdm jahe cincang halus, 1 1/2 gelas bubuk cabe merah, 30g Doenjang, taujo Korea, 1/2 sdt lada
Tahu sutra adalah tahu halus yang belum dipadatkan dalam proses pembuatan tahu dan berwangi khas kacang kedelai dan bersifat lembek. Tahu ini memiliki 90 % air sehingga penyantap mudah terasa kenyang. Selain itu, tahu ini memiliki juga zat kalsium dan mineral. Tahu pada zaman Joseon relatif lebih keras dibandingkan pada zaman sekarang karena dibuat dengan cara menekan setelah digumpal. Maka, teknologi pembuatan tahu sutra ini dianggap berharga sehingga terdapat catatan tentang pembuat tahu itu.

Bagian putih daun bawang dipotong halus, bagian hijau disisakan untuk bumbu masakan. Cincang halus bawang putih dan jahe.

Rebus 1 gelas minyak goreng dalam panci sedang dengan api besar selama 3~4 menit. Sebelum mendidih, masukkan 10cm batang daun bawang hijau dan kecilkan lalu rebus selama 5 menit. Setelah wangi daun bawang terasa, matikan api dan dinginkannya.

Selama menunggu minyak menjadi dingin, cuci kerang putih dan tiram.

Masukkan Deonjang, bubuk cabe merah, bawang dan jahe cincang halus, serta lada lalu campurkan dengan merata. Panaskan panci dan sangrai saus minyak itu dengan api selama 10 menit.

Masak gumpalan tahu sutra, kerang putih, 1sdt garam, 2/3 sdm saus minyak, dan 1 gelas kaldu rumput laut Dasima dalam periuk batu.

Ketika masakan mendidih, masukkan tiram, kuning telur dan irisan daun bawang lalu masak 2 menit lagi.

☑ Jahe berperan untuk menghilangkan rasa amis seafood dan tahu.
☑ Saus minyak yang dibuat itu dapat dipakai 4 kali untuk masakan buat 2 orang! Sisanya disimpan dalam kulkas dan dipakai untuk bermacam-macam masakan berkuah.
☑ Cuci kerang putih dalam cairan garam dengan menggosok. Cuci tiram dengan memakai garam. Hati-hati! Kalau tiram dicuci berkali-kali, wanginya akan hilang.
☑ Taujo khas Korea, Deonjang berperan untuk kuahnya menjadi gurih dan khususnya untuk kuah jigae yang memakai hasil laut.
☑ Tahu sutra jangan terlalu hancurkan.
☑ Tiram, kuning telur dan daun bawang dimasukkan pada saat terakhir proses masak dan mendidihnya selama 1~2 menit saja.

cre: Seon Dong-ju@world.kbs.co.kr
cop: YunaKBPKfamily

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar