FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Senin, 12 September 2011

[KOREAN FOOD] Injeolmi


Injeolmi yang dibuat dari beras ketan ini sangat disukai oleh masyarakat Korea baik anak-anak maupun orang dewasa. Nama Injeolmi berasal dari cara membuatnya, yaitu menarik dan memotong adonan ㅇberas ketan. Berlainan dengan Tteok lain yang dibuat dari tepung beras atau beras ketan, Injeolmi dibuat dengan menumbuk nasi dari beras ketan dalam lesung lalu ditaburi dengan bubuk kacang-kacangan.

Biasanya beras ketan saja yang dipakai namun kadang-kadang dicampur dengan kurma Korea dan Ssuk atau tumbuhan liar yang berwarna hijau dan berasa agak pahit untuk memberi warna dan perubahan pada Injeolmi. Injeolmi yang dicampur dengan bahan lain memiliki nama masing-masing sesuai dengan bahan tambahannya. Misalnya dengan kurma memiliki nama Daechu Injeolmi dan dengan Ssuk disebut Ssuk Injeolmi. Kacang-kacangan yang dipakai biasanya kacang merah, kacang kedelai, kacang hijau, wijen, dan sebagainya. Kue basah ini ditemukan hampir di seluruh Korea dan dimakan sepanjang tahun. Dan Injeolmi tidak pernah tidak disajikan pada saat jamuan makan apa saja.

Bahan-bahan:

500g beras ketan yang sudah dicuci dan direndam setengah hari
1 sdt garam
1 sdm gula
100g bubuk kacang kedelai

Cara membuat:
  1. Kalau bahan-bahan sudah siap mari kita mencoba membuatnya.
  2. Beras ketan yang sudah siap dimasak. Waktu memasaknya airnya harus disamakan dengan banyaknya beras ketan.
  3. Setelah nasi itu matang lalu ditumbuk dalam lesung sampai menjadi adonan yang lengket.
  4. Adonan itu ditarik panjang lalu dipotong sebesar 2 setengah sentimeter
  5. Campurkan bubuk kacang bersama dengan garam dan gula
  6. Digulung-gulung pada bubuk kacang kedelai
  7. Sajikan bersama dengan minuman
Kalau mencicipinya anda pasti akan menyukainya. Karena dibuat dari beras ketan maka Injeolmi ini dapat menggantikan nasi. Pada zaman sekarang ini sebagian orang perkotaan yang selalu sibuk makan Injeol untuk sarapan. Injeolmi itu dapat mereka buat sendiri atau dibeli di toko dan disimpan dalam freezer. Injeolmi yang beku dapat digoreng dalam wajan dengan sedikit minyak atau dipanggang lalu dimakan dengan madu. Rasanya lezat sekali.

source : rki.kbs.co.kr
credit: koreansohigh.blogspot.com
share: kbpkoreafamily.blogspot.com
post. Yuna@KBPKfamily
Take Out with Full Credits!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar