FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Sabtu, 13 Agustus 2011

10 LANGKAH MENIKMATI SUSHI

10 Langkah menikmati Sushi

Siapa sih yang enggak suka makan sushi? Tapi, pertama kali ke resto sushi bisa jadi pengalaman menyeramkan, apalagi kalau kita enggak tahu jenis dan namanya. Makanya, sebelum masuk resto sushi baca dulu panduan ini:

1. Begitu masuk kita akan mendengar teriakan pelayan 'irrashaimasen' yang artinya selamat datang. Ciri khas resto Jepang, mereka meneriakkan kalimat itu secara bersaut-sautan. Tandanya mereka gembira menyambut kita. Enggak perlu dijawab ya. Cukup senyum sambil mencari tempat duduk.

2. Sushi diletakkan dalam piring kecil berbagai warna. Beda warna, beda juga harganya.

3. Buat kita yang baru pertama kali dan geli melihat ikan mentah, bisa pilih tipe sushi fusion. Artinya, sushi yang sudah dimodifikasi dengan selera internasional. Biasanya sudah matang. Entah itu digoreng, dibalur dengan tepung atau dipanggang. Sering juga ditambah mayonaise atau saus pedas. Salah satu sushi fushion yang paling favorit adalah California Roll. Boleh juga cobain Tamago sushi (sushi telor) atau kappa maki (sushi isi irisan timun).

4. Biar enggak bingung lihat menu, kita mesti tahu dulu kalau sushi memiliki berbagai jenis:

a. Maki sushi = sushi gulung dengan satu jenis ikan/sayuran. Satu piring terdiri atas empat atau enam maki sushi. Ada juga jenis futo maki (futo = gemuk) yang gulungannya besar dan diisi beberapa jenis ikan/sayuran. Satu piring terdiri atas dua futo maki. Sedangkan Temaki adalah sushi gulung berbentuk cone.

b. Nigiri sushi = sushi yang diatasnya diletakkan ikan.

c. Aburi sushi = sushi dengan ikan yang dipanggang setengah matang. Aburi sushi modern kadang ditambah olesan mayonase. Boleh nih jadi pilihan buat kita yang enggak suka sushi mentah.

d. Gunkan maki = sushi berbentuk silinder dan dibungkus nori (rumput laut).

5. Banyak sekali ikan dan seafood yang bisa dijadikan sushi. Beberapa yang umum: maguro (tuna), toro (tuna belly), sake (salmon), tobiko (ikan terbang), ebi (udang), hotate (kerang), kani(kepiting olahan), ika (cumi-cumi), tako (gurita), dan roe (telur ikan).

6.Sushi beda lho dengan sashimi. Sushi adalah ikan mentah yang dilengkapi dengan nasi. Sementara sashimi hanya ikan mentah saja, enggak ada nasinya. Di setiap restoran sushi pasti tersedia sashimi .

7.Gimana cara makan sushi yang benar? Pertama tuangkan soy sauce (kecap asin) dalam wadah kecil. Lalu celupkan sushi pada soy sauce sedikiiit aja. Jangan salah ya, yang dicelupkan adalah bagian ikan bukan nasi! Usahakan soy sauce enggak kena nasi, karena akan merusak cita rasa sushi.

8. Jangan lupa tambahan wasabi. Cara yang benar menggunakan wasabi (pasta berwarna hijau muda) adalah dengan mengolesi sedikit wasabi pada bagian ikan, lalu celupkan ke soy sauce. Tapi sekarang umum juga mencampurkan wasabi pada soy sauce. Hati-hati jangan kebanyakan,nanti bisa kepedesan. Oh ya kita boleh kok makan sushi pakai tangan.

9. Sushi itu sekali gigit atau gimana? Hmmm tergantung ukuran sushinya. Di Jepang, aslinya ukuran sushi kecil, jadi bisa sekali gigit. Pada perkembangannya, meniru resto sushi di Amrik, ukuran sushi jadi besar sehingga sulit untuk sekali gigit. Jadi terserah pada lebarnya mulut kita,deh. ^__^

10. Setelah selesai makan kita boleh bilang 'gochisosama deshita' yang artinya terima kasih atas makanannya.' Atau 'oishiikatta' (= enak). Gimana, udah enggak nervous kan masuk resto sushi? Selamat makan. Itadakimasu.


cre: kawankumagz.com
sh: KBPKfamily
cop: Yuna

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar