FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Senin, 12 September 2011

[KOREAN FOOD] Chuncheon Dakgalbi

Kota Chuncheon yang terletak di bagian utara dari Seoul merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi masyarakat Korea untuk berjalan-jalan. Daerah ini dapat dijangkau dengan perjalanan 2 jam dengan kereta api dari Seoul. Sebenarnya kita dapat juga mengendarai mobil ke sana, akan tetapi memakai kereta api akan lebih nikmat karena pemandangan di perjalanan itu sangat indah dengan sungai, bukit, dan sawah, dsb.

Di Chuncheon yang memiliki danau besar itu ada banyak tempat wisata yang alami dan berbagai acara seni budaya sesuai dengan musim. Selain itu hal yang menarik perhatian pengunjung adalah makanan. Kalau mendengar nama kota Chuncheon orang secara otomatis akan mengingat dua jenis masakan yang bernama Chuncheon Dakgalbi dan Chunceon Makguksu. Dakgalbi adalah masakan daging ayam yang digoreng dengan saus pedas dan Makguksu adalah masakan mie. Dulu kami telah memperkenalkan masakan Chuncheon Makguksu dalam acara ini jadi sekarang, kami akan memperkenalkan Chuncheon Dakgalbi. Selain di kota Chuncheon ini, kita juga sering menyaksikan banyak rumah makan yang menjual Chuncheon Dakgalbi di seluruh Korea. Namun rasa Chuncheon Dakgalbi yang dicicipi di daerah asalnya lebih nikmat. Masakan Chuncheon Dakgalbi memiliki dua jenis, yaitu yang ada tulangnya dan tanpa tulang. Bahan utamanya adalah daging ayam tapi cukup banyak juga sayuran seperti kol, ubi, bawang bombai yang dimasak bersama.

Chuncheon Dakgalbi biasanya dimasak di meja makan dan langsung dimakan sambil memasaknya. Setelah memakan daging dan sayurannya terlebih dahulu, biasanya sisa sausnya dimanfaatkan untuk menggoreng nasi tetap di wajan yang sama. Maka kadang-kadang terdapat kerak nasi goreng dan rasanya juga enak. Masakan yang disajikan dalam wajan yang penuh itu cukup membuat penyantap merasa kenyang dan puas.


Bahan-bahan

1 ekor ayam yang telah dipotong-potong
150g kol
1/2 buah bawang bombai
1 batang daun bawang
3 buah cabe merah dan hijau
1 buah ubi
3 sdm bubuk cabe merah
2 sdm Gochujang
2 sdm gula pasir
2 sdm arak untuk masak
4 sdm sari bawang bombai
1/2 sdm bawang putih cincang halus
1/2 sdm jahe cincang halus
1/2 sdm minyak wijen
sedikit lada dan minyak goreng

Cara membuat:
  1. Bersihkan daging ayam
  2. Ayam dibumbui dengan saus lalu didiamkan selama 1 jam
  3. Potong kol, bawang bombai, dan ubi dengan ukuran besar
  4. Potong melintang daun bawang dan cabe
  5. Goreng daging ayam di wajan yang panas
  6. Setelah daging ayam setengah matang masukkan sayur
  7. Masak daging ayam dan sayur dengan mengaduk-aduknya
  8. Sajikan dalam keadaan panas
Kita dapat menikmati rasa daging ayam dan sayur yang menyatu dengan saus pedas. Seperti di restoran coba anda membuat nasi goreng dengan sisa sausnya. Pasti anda akan menyukai nasi goreng rasa baru itu.

source : rki.kbs.co.kr
credit: koreansohigh.blogspot.com
share: kbpkoreafamily.blogspot.com
post. Yuna@KBPKfamily
Take Out with Full Credits!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar