FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Minggu, 10 Februari 2013

[B-Kor] Yuk Kenali Bahasa 'Slang' Korea -part. 1-



Bagi chingu 'Korean Wave' khususnya yang gemar menonton film dan drama Korea Selatan (Korsel), mungkin sedikit kebingunan mendengar beberapa kosa kata yang sulit diartikan.

Di sini kita bakal berbagi sejumlah kosa kata yang biasa digunakan dalam bahasa slang di Korea Selatan. Berikut daftarnya, yang dikutip dari Soompi:



1. Hwaiting 

Kata yang satu ini pasti sudah sering kamu dengar. Kata ini menjadi populer sejak Han Ji Eun, diperankan Song Hye Kyo, hampir setiap hari menyebutkannya diserial 'Full House.' Kata 'Hwaiting' sama halnya dengan 'Fighting' dalam bahasa Inggris yang artinya mengajak seseorang melakukan yang terbaik.

Dalam bahasa Jepang, 'Hwaiting' sama dengan 'Hoorah.' Contoh kalimatnya, “Work hard today, hwaiting!"




2. Daebak!


Kata yang satu ini dipopulerkan personel BigBang, Kang Daesung, melalui lagu throat-nya 'Look at Me, Gwisoon.' Kata 'Daebak!' bisa juga berarti 'Wow!' dan digunakan untuk mengambarkan sesuatu yang sangat hebat dan mengagumkan yang berhasil dilakukan seseorang.

 Misalnya, seorang idola yang membawakan lagu dan berhasil mencapai nada-nada tertinggi sekalipun. Contoh kalimatnya, "Daebak!’ he sing it so well.”



3. Aegyo

Kata ini digunakan untuk seseorang yang menggambarkan akting atau tingkah lucu. Biasanya 'aegyo' lebih sering dilakukan wanita ketimbang pria. Kata ini menggambarkan aksi lucu seseorang yang mampu membuat orang lain tertawa. Kata ini bisa juga berarti kepribadian seseorang yang lucu.

Personel girlband 2NE1, Sandara Park, dikenal sebagai gadis aegyo. Contoh kalimatnya, "Dara needs to stop her aegyo. She make me can't stop to laugh.”



4. Bbung

Kata ini digunakan untuk menggambarkan suatu kebohongan atau lelucon yang mengada-ada. Hal ini digunakan untuk mengatakan kepada lawan bicara kita apa yang baru saja kita ucapkan adalah bercanda alias bohong.

Contoh kalimatnya, "Don’t trust Jason, everything he says is bbung.



5. Yeochin 

Kata 'Yeochin' berarti kekasih atau pacar. Kata ini sudah sangat umum digunakan untuk menggambarkan seorang pria atau gadis spesial bagi seseorang. 

Contohnya, "I have a new Yeochin, would you like to meet her?" 



6. Menboong 

Kata ini berarti gangguan mental. Biasanya, 'Menboong' digunakan setiap kalimat seseorang mengalami waktu yang sulit atau ketika orang itu tak bisa memecahkan masalahnya. 

Contoh kalimatnya, "She is menboong right now, don’t bother her." 



7. Mwongmi 

Kata ini sebetulnya versi mistyped dari WTF atau 'What the f*ck?' dalam bahasa Inggris. 

Contoh kalimatnya, "What she said was so strange, Mwongmi." 



8. Ggool Buck Gee 

Kata ini dipopulerkan oleh personel girlband Afters School, Uee. 'Ggool Buck Gee' berarti paha indah. Ini digunakan dalam bahasa sesama anak perempuan untuk mengungkapkan bagian tubuh tertentu, yaitu paha. 'Ggool Buck Gee' adalah ungkapan untuk anak perempuan yang memiliki paha yang indah. Asal usul kata ini masih menjadi perdebatan. Namun, remaja Korea yang mendengar kosakata yang satu ini akan langsung menuju pada anak perempuan yang memiliki paha bagus dan indah. 

Contoh kalimatnya, "Damn that girl has Ggool Buck Gee!"


Credit: Soompi
CreditTR: republika.co.id (Reporter : Mutia Ramadhani Redaktur : Djibril Muhammad)
Post: YunaArataJJ@KBPKfamily
DON'T COPY WITHOUT CREDIT HERE!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar