FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Minggu, 10 Februari 2013

[B-Kor] Yuk Kenali Bahasa 'Slang' Korea -part. 2end-


Nyambung lagi nih dari postingan sebelumnya tentang Bahasa 'Slang' Korea part. 1. Kita bakal lanjutin apa lagi sih kosa kata yang biasa digunakan dalam bahasa slang di Korea Selatan. Yuk langsung aja chekidot...




9. Wansonam or Wansonyeo 

Kosa kata yang satu ini untuk mengungkapkan pasangan laki-laki atau perempuan yang memuji satu sama lainnya. Wansonam or Wansonyeo seolah mengungkapkan pasangan kita adalah sesuatu yang sangat berharga.

Wansonam adalah sitilah untuk laki-laki, dan Wansonyeo adalah istilah untuk perempuan. Contoh kalimatnya, "Lee Jun Ki is a wansonam." 



10. Hoonnam 

Kata ini diungkapkan untuk menunjukkan seseorang yang memberi kesan hangat dan nyaman untuk kita. Orang itu bisa saja pria tampan atau wanita cantik yang sangat bersahabat. Lee Seung Gi adalah selebritis Korea Selatan yang cocok untuk mendapat sebutan 'Hoonnam' ini.

Netizen Korea Selatan juga menganggap kata ini sangat cocok untuk menggambarkan pemenang 'Super Star K' Season IV, Roy Kim. Contoh kalimatnya, "Roy Kim is such a hoonnam." 



11. Choding 

Istilah 'Choding' digunakan untuk menggambarkan seorang dewasa namun masih memiliki sifat kekanak-kanakan. Kata ini menjadi populer di kalangan netizen Korea Selatan.

Contoh kalimatnya, "That prank you pulled was so childish, you are choding." 



 12. Oh Geul, Oh Guel 

Di Korea Selatan, kata ini diucapkan saat seseorang tiba-tiba merinding atau menangkap ekspresi yang canggung, sedikit takut, dan kikuk. Secara harfiah, saat orang Korea mengucapkan kata ini, seakan-akan tangan dan kakinya langsung mengerut dan beku.

Di dalam drama, biasanya kata ini diucapkan jika salah satu tokoh baru saja melakukan perbuatan yang baginya memalukan, canggung, hingga prilaku murahan. Contoh kalimatnya, "Oh My God, I just had the most awkward experience, I’m getting all oh geul, oh geul."



13. Ganji 

Kata ini diserap orang Korea Selatan dalam bahasa Jepang. Kata ini biasanya untuk mengungkapkan ekspresi seseorang saat melihat sosok yang mengagumkan dan membuat mata mereka tak berkedip beberapa saat.

Dalam bahasa inggris, ini bisa disebut 'awesome.' Contoh kalimatnya, "TOP BigBang is ganji." 



14. Mome Jjang 

Kosa kata yang satu ini seringkali kita dengar dalam adegan film atau drama Korea. Biasanya, seseorang akan mengucapkan kata ini jika ada pria atau wanita yang tampan atau cantik, serta bertubuh indah atau atletis lewat di depannya.

Untuk pria, biasanya pria yang berotot, sedangkan wanita biasanya yang langsing. Contoh kalimatnya, "Kwon Sang Woo is a Mome Jjang." 



15. Bba Soon Eee 

Kata ini adalah sebutan lain untuk 'Sasaeng' atau fans gila di Korea Selatan. Namun, 'Bba Soon Eee' lebih ekstrem lagi. Fans gila ini akan melakukan tindakan melewati batas untuk mengungkapkan rasa cinta mereka kepada selebritis favorit mereka. Misalnya, mereka menulis surat dengan darah mereka, atau melakukan tindakan-tindakan berbahaya jika mengetahui grup idola mereka ada yang dinyatakan bubar.

Ini pernah terjadi saat ketiga member boyband DBSK memutuskan untuk berjalan sendiri dan membentuk formasi menjadi JYJ. Contoh kalimatnya, "Bba Soon Eee’s" need to stop bothering JYJ!" 


16. Looger 

Kata ini serapan dari kosakata 'Looser' dalam bahasa Inggris. Kata ini populer setelah seorang mahasiswa bernama Lee Do Kyung muncul di variety show Korea Selatan. Jika di Inggris atau Amerika, kata ini berarti pecundang.  Namun, di Korea Selatan, kata ini berarti 'pendek.' Sebab Lee Do Kyung yang muncul waktu itu bertubuh pendek.

Di kalangan netizen Korea Selatan, kata yang satu ini sering disebutkan. Contoh kalimatnya, "I was set up with a blind date yesterday, he was only 160 cm, such a looger."


Credit: Soompi
CreditTR: republika.co.id (Reporter : Mutia Ramadhani Redaktur : Djibril Muhammad)
Re-Share: kbpkoreafamily.blogspot.com 
Post: YunaArataJJ@KBPKfamily
DON'T COPY WITHOUT CREDIT HERE!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar