FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Senin, 12 September 2011

[KOREAN DRINK] Hongsam Cha / Teh Gingseng Merah


Produk ginseng merah saat ini cukup diperhatikan sebagai kado Chuseok yang praktis dan berguna. Karena ginseng merah itu diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia sehingga sangat cocok mencegah penyakit flu tipe baru. Sebagaimana telah anda maklum ginseng Korea sudah diakui keunggulan mutu dan khasiatnya sampai hal itu membuat Korea memiliki nama julukan, 'negeri ginseng'.

Ginseng itu diistilahkan dalam bahasa Korea sebagai Insam sedangkan ginseng merah dinamakan Hongsam, artinya, ginseng yang berwarna merah. Pada umumnya ginseng berupa akar dan berwarna putih. Insam atau ginseng yang bagus adalah yang tumbuh 6 tahun. Ginseng yang baru dipetik disebut Susam atau ginseng basah, yang dikeringkan di bawah sinar matahari disebut Baeksam atau ginseng putih, dan ginseng yang dikukus dalam suhu yang tinggi, sekitar 80-90 derajat disebut Hongsam.

Ginseng pada umumnya memiliki sifat panas sehingga tidak cocok untuk orang yang berbadan panas. Namun, ginseng merah boleh dikonsumsi oleh siapa saja, baik anak maupun orang dewasa. Khasiat Hongsam dapat dirasakan jika dikonsumsi secara teratur dan lama. Hongsam maupun ginseng biasa jarang sekali digunakan untuk bahan masakan kecuali Samgeatang atau sup ayam di Korea.

Kebanyakan orang memakannya dengan bentuk cairan yang diperoleh dari proses merebusnya. Kadang-kadang masyarakat Korea merebus Hongsam atau ginseng bersama dengan tumbuh-tumbuhan yang dapat meningkatkan khasiatnya.

Bahan-bahan:
40g ginseng merah
2 liter air putih
10g jahe
200g gula

Cara membuat:
  1. Rebuslah ginseng merah dalam 2 liter air dengan api kecil selama 2 jam.
  2. Masukkan potongan jahe lalu rebus lagi selama 30 menit.
  3. Angkatlah gingseng merah lalu diiris dengan ukuran 0,5cm.
  4. Masukkan gula ke dalam air sari ginseng merah.
  5. Didihkanlah sambil mengaduk supaya gulanya menyerap.
  6. Tuangkan teh ginseng merah itu ke dalam cangkir lalu masukkan satu potongan ginseng merah.
  7. Sajikan saat masih panas.
Cara membuat teh ginseng merah itu sangat mudah. Selain Hongsam, ginseng jenis lain juga dapat dibuat teh dengan cara yang sama. Biasanya orang asing mengetahui ginseng merupakan obat ajaib yang bisa menyembuhkan segala penyakit. Namun ginseng lebih cocok disebut sebagai obat untuk mencegah penyakit, bukan obat untuk mengobati penyakit. Oleh sebab itu menonsumsi ginseng atau ginseng merah membantu orang dapat menjadi sehat dan bugar.

source : rki.kbs.co.kr
credit: koreansohigh.blogspot.com
share: kbpkoreafamily.blogspot.com
post. Yuna@KBPKfamily
Take Out with Full Credits!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar