FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Senin, 12 September 2011

[KOREAN FOOD] Beseot Bulgogi

Biasanya pada hari Chobok cuacanya lebih panas daripada hari-hari lainnya. Selama musim panas, ada tiga hari dimana suhu udaranya merupakan yang paling panas dari hari-hari lainnya sesuai dengan kalender musim Korea.

Hari itu masing-masing disebut Chobok, hari panas pada awal musim panas, Jungbok, hari panas pada pertengahan musim panas, dan Malbok hari panas pada akhir musim panas. Pada ketiga hari yang relatif panas itu masayarakat Korea mempunyai satu tradisi, yaitu menyantap makanan bergizi yang dapat membantu untuk mengatasi rasa panas pada hari itu. Misalnya, Samgeatang, sup ayam dengan ginseng, Bosintang sup daging anjing, dll.

Maka pada ketiga hari yang panas itu setiap restoran yang menjual makanan seperti itu dibanjiri orang-orang yang ingin menyantap makanan itu dan ibu rumah tangga juga menyediakan makanan yang bergizi untuk kesehatan anggota keluarganya. Meskipun satu mangkuk makanan itu tidak cukup untuk memberi tenaga yang diperlukan sepanjang musim panas, tapi dengan makan jenis makanan seperti itu dapat merangsang nafsu makan yang mudah hilang pada saat hari panas.

Sebenarnya dewasa ini cukup banyak jenis makanan yang bergizi dibandingkan zaman dulu, sehingga masyarakat Korea dapat memakan berbagai jenis masakan dari bermacam-macam bahan yang bermanfaat bagi kesehatan. Dalam acara kali ini kami ingin memperkenalkan satu jenis makanan yang sering dicari oleh masyarakat korea sebagai makanan sehat dan enak. Namanya Beseot Bulgogi. Kalau Bulgogi ditambah dengan Beseot atau jamur, lebih harum, nikmat dan bergizi. Jamur memiliki banyak unsur zat yang bermanfaat sampai dijuluki sebagai daging dari hutan.

Bahan-bahan :
600g daging sapi yang diiris tipis
200g berbagai jenis jamur
3 sdm kecap asin
11/2 sdm gula pasir
1 sdm minyak wijen
1 sdm bawang putih cincang halus
3 sdm sari buah pear
3 sdm sari bawang bombai
sedikit lada

Cara membuat :
  1. Satukan semua bahan bumbu dalam wadah lalu masukkan daging sapi
  2. Aduk daging sapi supaya bumbu-bumbu meresap
  3. Diamkan lebih dari 1 jam
  4. Potong jamur
  5. Panaskan wajan
  6. Panggang daging sapi lalu masukkan jamur apabila daging sapi sudah setengah matang
  7. Sajikan saat masih panas
Cara membuat masakan ini sama dengan cara membuat Bulgogi biasa. Tetapi rasanya lebih enak dan harum karena wangi jamur. Kalau anda mau, masakan ini dapat juga dimakan dengan lalapan seperti daun selada, daun wijen, dan bawang putih. Kalau ingin menikmati rasa Bulgogi yang lain coba anda memasak Beseot Bulgogi yang penuh gizi dan enak rasanya.

source : rki.kbs.co.kr
credit: koreansohigh.blogspot.com
share: kbpkoreafamily.blogspot.com
post. Yuna@KBPKfamily
Take Out with Full Credits!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar