FULL CREDIT!
Chingu, jika ingin mengcopy postingan di blog ini, tolong cantumin credit fullnya ya dan link aktifnya ok ^^ and no bashing..., gunakan bahasa yang baik bila berkomentar.., Kamsahamnida ^^
"YunaArataJJ@KBPKfamily"

Senin, 12 September 2011

[KOREAN FOOD] Ayam Yangnyeom


Korea memiliki 3 hari yang panas pada musim panas. Dua hari, Chobok dan Jungbok sudah berlalu dan Malbok atau hari panas yang terakhir. Karena yang terakhir, biasanya masyarakat merasa hari itu merupakan yang paling panas. Maka masyarakat menyiapkan berbagai hal untuk mengatasi rasa panas itu. Sebenarnya Malbok tidak berbeda dengan kedua hari panas yang sebelumnya, Chobok dan Jungbok.

Maka pada hari Malbok pun masyarakat suka memakan makanan yang enak dan bergizi sehingga menambah energi untuk menjalankan kegiatannya pada hari-hari panas itu. Jadi pada ketiga hari panas itu ayam laris terjual karena memiliki banyak gizi dan mudah dimasak.

Namun masyarakat Korea sudah mulai merasa bosan dengan Samgeatang dan sup ayam yang sudah banyak dimakan. Sehingga mereka mencari jenis makanan daging yang lain. Katanya ayam goreng laris juga pada hari-hari panas itu. Biasanya ayam goreng itu disebut masyarakat Korea sebagai Fried chicken atau ayam goreng. Ayam goreng ini tidak berbeda dengan yang ada di Indonesia. Namun satu jenis ayam goreng saus pedas dan manis mungkin belum ada di tempat anda. Masyarakat Korea menyebutnya dengan istilah ayam Yangnyeon atau ayam goreng saus pedas manis. Biasanya saus Gochujang dan cairan gula dipakai sehingga rasanya sedikit pedas dan manis.

Maka masakan ayam ini disukai oleh banyak orang. Di Korea banyak toko yang menjual ayam goreng di dekat perumahaan dan masakan ayam itu diantar ke rumah setelah dipesan lewat telepon. Harga ayam Yangnyeom rata-rata 15 ribu won dan lebih mahal sedikit daripada ayam goreng tanpa saus. Biasanya ayam goreng itu dijual per satu ekor. Tapi bisa dibeli setengah ekor ayam goreng biasa dan setengah ekor ayam Yangnyeom.

Ayam goreng itu bisa menjadi lauk pauk dan dimakan bersama nasi putih tapi masyarakat Korea jarang sekali memakan ayam goreng dengan nasi. Ayam goreng ini juga sering dimakan bersama dengan bir.

Bahan-bahan :
1 ekor ayam
1 sdm kacang tanah
1/3 bawang bombai
1/2 sdm bawang putih cincang halus
1 sdm arak masak
tepung terigu dan minyak goreng secukupnya
sedikit garam dan lada

* bahan saus
4 sdm saus tomat
1 sdm bawang putih cincang halus
2 sdm cairan gula
2 sdm kecap asin
1 sdm Gochujang
1/2 sdm minyak wijen

Cara membuat :
  1. Potong ayam dengan ukuran sedikit kecil lalu dibersihkan
  2. Ayam dibumbui garam, lada, arak, dan bawang putih cincang halus kemudian diamkan selama 30 menit
  3. Potong bawang bombai dan hancurkan kacang tanah
  4. Gorenglah ayam dengan adonan tepung terigu
  5. Campurkan semua bumbu dalam satu mangkuk besar
  6. Masukkan ayam goreng dalam saus dan aduk
  7. Campurkan ayam goreng dengan saus di atas piring lalu taburi bubuk kacang tanah
  8. Sajikan
Karena anda sudah bisa membuat ayam goreng maka tidak begitu sulit memasak ayam Yangnyeom ini. Di tempat anda juga banyak sekali saus yang dapat dipakai untuk ayam goreng tapi saus untuk ayam Yangnyeom ini dapat memberi rasa baru dan istimewa kepada anda.

source : rki.kbs.co.kr
credit: koreansohigh.blogspot.com
share: kbpkoreafamily.blogspot.com
post. Yuna@KBPKfamily
Take Out with Full Credits!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar